Pengaruh Minat Belajar terhadap Pemahaman Materi Statistika pada Mahasiswa Semester 4
Main Article Content
Dewi Nur Mauliddiah
Ferdhina Salzabila Septiani
Aldavia Thursina
Meyra An Najmi
Hafiziani Eka Putri
Teten Ginanjar Rahayu
Alfiana Nurussama
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana minat siswa terhadap pemahaman materi statistika pada siswa semester 4 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Minat belajar diukur melalui tiga indikator, yaitu tempat belajar, frekuensi belajar mandiri, dan durasi belajar. Sementara itu, pemahaman materi dilihat dari tingkat pemahaman, kemampuan mengerjakan soal tanpa bantuan, dan kemudahan memahami penjelasan dosen. Metode yang digunakan kuantitatif deskriptif, dengan teknik analisis data menggunakan uji chi-square kontingensi 2x2. Pengambilan keputusan hipotesis dalam penelitian ini didasarkan pada nilai signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed). Jika nilai signifikansi kurang dari <0,05, H0 ditolak dan H1 diterima, menunjukkan bahwa dua variabel memiliki hubungan signifikan. Sebaliknya, jika nilai signifikansi lebih dari >0,05, H0 diterima dan H1 ditolak.. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat beberapa indikator minat belajar yang memiliki hubungan signifikan terhadap pemahaman materi, seperti tempat belajar dan frekuensi belajar mandiri. Namun, durasi belajar tidak menunjukkan hubungan signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua aspek minat belajar memiliki pengaruh yang sama terhadap pemahaman materi statistika.
Djafar, F., Akolo, I. R., Pratama, A. R., & Stat, M. (2024). Statistika Pendidikan: Teori dan Aplikasi Dengan SPSS. Penerbit P4I.
Hariyadi, H., Misnawati, M., & Yusrizal, Y. (2023). Mewujudkan kemandirian belajar: Merdeka belajar sebagai kunci sukses mahasiswa jarak jauh. Badan Penerbit STIEPARI Press.
Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.
Jariah, A., Aprollita, A., & Farida, A. (2024). Hubungan efektivitas kebijakan pengadaan pupuk bersubsidi dengan produktivitas kelapa sawit di Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi. Syntax Literate, 8(4).
Juaini, A., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh fasilitas belajar dan gaya mengajar guru dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa MTS NW Kotaraja Lombok Timur, NTB. Jurnal Cahaya Mandalika, 1890–1909.
Nirtha, E., Au, H. A., & Purwanty, R. (2024). Faktor-faktor yang memengaruhi minat dan motivasi belajar numerasi mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 1–11.
Nurfitriani, J., & Kurniasari, R. (2023). Edukasi gizi menggunakan media video animasi dan poster terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada remaja. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(3), 503–506.
Pujowati, M., & Suwarningsih, T. (2025). Optimalisasi pembelajaran melalui penyusunan modul (digital book) pada mata kuliah statistika pendidikan di Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Cenderawasih. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 810–817.
Putri, R. K., Putri, D. M., & Hasibuan, L. H. (2023). Pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi matematika pada mata kuliah statistika deskriptif. JOSTECH Journal of Science and Technology, 3(2), 199–208.
Yuliyani, R., Alamsyah, N., & Awaludin, A. A. R. (2017). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar statistika lanjut mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 86–93.













												