Pengembangan Multimedia Interaktif Pitakal (Pintar Perkalian) pada Materi Perkalian Siswa Kelas III Sekolah Dasar
Main Article Content
Oktaviola Bunga Nadila
Kharisma Eka Putri
Aan Nurfahrudianto
Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti, ditemukan permasalahan yaitu kurangnya pemahaman siswa pada materi perkalian. Hal ini dilatarbelakangi oleh guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, latihan, tugas dan guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi. Guru hanya menggunakan bahan ajar berupa buku teks pelajaran.Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang tertarik, mudah bosan,kurang aktif. Sehingga perlu dikembangkan media untuk menunjang proses pembelajaran agar dapat membantu meningkatkat hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Untuk mengetahui validitas media pembelajaran PITAKAL (Pintar Perkalian) pada materi perkalian siswa kelas III sekolah dasar. (2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran PITAKAL (Pintar Perkalian) pada materi perkalian siswa kelas III sekolah dasar. (3) Untuk mengetahui efektivitas Media Pembelajaran PITAKAL (Pintar Perkalian) pada materi perkalian siswa kelas III sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE yang mempunyai 5 tahapan yaitu (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sonopatik berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Lokasi Penelitian ini di SDN Sonopatik.
Hasil validasi media dengan presentase 88% dan hasil validasi ahli materi mendapatkan presentase 87,5% diperoleh rata-rata dari kedua hasil validasi ahli tersebut adalah 87,75% dengan kriteria sangat valid. Hasil pengisian angket respon guru memperoleh presentase 98% dan pengisian angket respon siswa mendapatkan presentase 92,66% diperoleh rata-rata dari kedua respon tersebut adalah 95,33% dengan kriteria sangat praktis. Uji keefektifan yang dilakukan menggunakan instrumen soal post-test memperoleh nilai rata-rata 87,66% dengan presentase ketuntasan siswa 100% dengan kriteria sangat efektif. Kesimpulannya dari hasil uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan diatas dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif Pitkal (Pintar Perkalian) dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.
Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Armelia, C. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah 23 Semanggi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1–11.
Hanafi, M., & Rappang, S. M. (2017). Membangun Profesionalisme Guru Dalam Bingkai Pendidikan Karakter. 5(1), 2354–7294.
Indiastuti, T. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Perkalian Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar MIN 1 Madiun. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 2(3), 137–143.
Ismail, H. (2010). Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas V Sd Inpres Palupi. Το Βημα Του Ασκληπιου, 9(1), 76–99.
Marauleng, A., Hakim, A., Hasan, S., & Hasibuddin, M. (2024). Peran Guru Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa. Education and Learning Journal, 5(1), 33–47.
Morelent, Y. (2015). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 1(2), 141–152. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234
Nurdin Muhamad. (2013). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 09(01), 75–90.
Sania, S. (2020). Pendidikan guru sekolah dasar fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas mulawarman. Etd.Umm.Ac.Id, 6(89), 1–8. files/1036/Kelompok 10 Analisis Korelasi.pdf%0Ahttps://etd.umm.ac.id/2833/1/PENDAHULUAN.pdf
Sugiyono, & Noeraini, I. A. (2019). Pengaruh Tingkat Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Surabaya. Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(5), 1–17.
Wahyuni, A. N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di SMK Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(3), 1–9. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9418
Wesly, S. A. A. (2023). Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora Volume 2 Nomor 1 ( 2023) 74. Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 11576–11584. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu













 
												 
 
								