Urgensi Identitas Nasional Pada Generasi-Z Di Pondok Pesantren Ardaniah Serang Banten
Main Article Content
Ayu Puspita
Athiyyah Aminah Suharjo
Cempaka Awalia Putri
Ismail Maulana Ruhiyat
Sausan Nazla Nafisa
Dadi Mulyadi Nugraha
Identitas nasional merupakan pondasi penting dalam memperkuat kesatuan dan integritas suatu bangsa, terutama di tengah arus globalisasi yang kian intensif. Generasi Z, sebagai generasi yang lahir dan tumbuh di era digital, menghadapi tantangan unik dalam mempertahankan identitas nasional. Artikel ini mengkaji urgensi identitas nasional pada Generasi Z dengan menyoroti pengaruh globalisasi, media sosial, dan perkembangan teknologi terhadap pola pikir dan perilaku generasi ini. Penelitian ini menegaskan bahwa penguatan identitas nasional pada Generasi Z sangat penting untuk menjaga keberlanjutan nilai-nilai budaya, sejarah, dan kebangsaan. Upaya strategis, seperti pendidikan berbasis nilai-nilai kebangsaan, pemanfaatan teknologi untuk memperkuat kesadaran nasional, serta kolaborasi lintas sektor, menjadi kunci dalam menjaga identitas nasional di tengah tantangan modern. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pembuat kebijakan dan masyarakat untuk mendorong partisipasi aktif Generasi Z dalam membangun bangsa yang tangguh dan berdaya saing.
Annisa, H., & Najicha, F. U. (2021). Wawasan Nusantara Dalam Mememcahkan Konflik Kebudayaan Nasional. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 40-48.
Billah, H. U., Yunita, M. A., Pratama, M. A., & Kembara, M. D. (2023). Kesadaran berpancasila dalam mempertahankan identitas nasional. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 113-121.
Hartono, D. (2020). Fenomena kesadaran bela negara di era digital dalam perspektif ketahanan nasional. Jurnal Lemhannas RI, 8(1), 14-33.
Hasudungan, A. N., & Kurniawan, Y . (2018, October). Meningkatkan Kesadaran Generasi Emas Indonesia Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Inovasi Digital Platform www. indonesia2045. org. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin (Vol.1, pp. 51-58).
Mahmud, A. (2024). Krisis identitas di kalangan generasi Z dalam perspektif patologi sosial pada era media sosial. Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, 26(2).
Mauizah, A. Z., Apriliani, D. R., Utomo, S., Heriansyah, D., & Naqiyah, N. (2021). Urgensi Sejarah sebagai Ilmu dalam Upaya Penyadaran Kembali Identitas Nasional Bangsa Indonesia di Era Society 5.0. Jurnal Riset Agama, 1(3), 794-807.
Putri, A. S. M., Setiawati, R., & Widodo, H. (2022). Implementasi Nilai Pancasila Pada Generasi Z. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(1), 17-24.
Ratri, E. P., & Najicha, F. U. (2022). Urgensi Pancasila dalam menanamkan jiwa nasionalisme pada generasi muda di era globalisasi. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 25-33.
Wulandari, W., Furnamasari, Y . F ., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Rasa Nasionalisme pada Generasi Z di T engah Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7255-7260.
Yulianto, J. E. (2016). Studi komparatif identitas nasional pada remaja generasi Z ditinjau dari intensitas penggunaan internet. Humanitas, 13(2), 149.
Yusuf, M., & Ma'sum, T . (2024). Peran Pendidikan Pesantren Dalam Mempersiapkan Generasi Indonesia Emas 2045. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(02), 13-26.
Zulfa, A., & Najicha, F . U. (2022). Urgensi Penguatan Identitas Nasional dalam Menghadapi Society 5.0 di Era Globalisasi. Jurnal Kalacakra, 3(2), 65-71.













