Pendampingan Nasabah Dalam Pemanfaatan Layanan Digital Pegadaian Untuk Meningkatkan Aksesibilitas Pembiayaan Di Pegadaian Kalibaru Banyuwangi
Main Article Content
Nuha Naimatul Fauziyah
Arista Putri Rahayu
Dalam meningkatkan aksesibilitas pembiayaan bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang sering mengalami kesulitan dalam mendapatkan layanan keuangan dari bank atau lembaga keuangan formal lainnya, pegadaian menjadi salah satu solusi alternatif yang dapat di gunakan. Dengan skema gadai, Pegadaian memungkinkan masyarakat memperoleh pinjaman dengan jaminan barang berharga, tanpa memerlukan riwayat kredit atau aset besar sebagai jaminan. Selain itu, Pegadaian juga menawarkan berbagai produk pembiayaan lainnya, seperti Kreasi untuk usaha mikro, Arrum Haji untuk pembiayaan ibadah haji, serta Tabungan Emas sebagai alternatif investasi. Inovasi digital dalam layanan Pegadaian semakin memperluas aksesibilitas pembiayaan, terutama bagi masyarakat di daerah terpencil. Pengabdian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitis untuk mengeksplorasi peran Pegadaian dalam inklusi keuangan. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi untuk memahami dampak Pegadaian terhadap perekonomian masyarakat. Hasil Pengabdian menunjukkan bahwa meskipun Pegadaian memberikan solusi keuangan yang fleksibel, terdapat tantangan seperti tingkat bunga yang relatif tinggi dan literasi keuangan yang rendah di kalangan nasabah. Oleh karena itu, diperlukan upaya edukasi keuangan serta inovasi dalam skema pembiayaan agar layanan Pegadaian lebih optimal dalam mendukung kesejahteraan ekonomi masyarakat.
Afista, F., Kholisha, N., Salsabila, T., Gunawan, A., & Abadi, M. T. (2023).
Sejarah Berdirinya, Fungsi dan Tujuan Pegadaian Syariah Sebagai Penggerak Perekonomian di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 1(4), 324-332.
Bhegawati, D. A. S., & Novarini, N. N. A. (2023).
Percepatan inklusi keuangan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, lebih terinklusif, dan merata di era presidensi G20. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis Dan Teknologi, 3(1), 14-31.
Faiza, N., Natasia, F., Kusumah, A., & Hastuti, D. (2024).
Penerapan Aplikasi Agen Pegadaian dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan di PT. Pegadaian Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 3(1), 73-82
Fauzia, A. A., & Yazid, M. (2024).
Pengaruh Pegadaian Syariah terhadap Keberlanjutan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Iqtishodiah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(2), 79-84.
Holle, M. H., & Manilet, A. (2023).
Indeks Inklusi Keuangan Indonesia (Analisis Kontribusi Sektor Usaha Lembaga Keuangan Mikro). Investi: Jurnal Investasi Islam, 4(2), 550-569.
Naja, I., & Fakhriyana, D. (2024).
Implementasi Program KUR Syariah di Pegadaian Pasar Ngabul Jepara untuk Meningkatkan Kesejahteraan UMKM.
Safira, D., Fasa, M. I., & Susanto, I. (2024).
STRATEGI PEMASARAN PRODUK RAHN GADAI SYARIAH: MENINGKATKAN AKSESIBILITAS DAN KEPERCAYAAN NASABAH. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(11).
Oktavia, T., Karina, L. M., Zaki, H., & Hardilawati, W. L. (2023). Penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital
Service ( PDS ) Dalam Mempermudah Pelayanan Transaksi Nasabah di PT . Pegadaian (Persero) Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(2), 30–37.
Pangaila, M. M., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2020). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Dalam
Meningkatkan. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(04), 399–
407. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/30839
Prabarini, A. M. (2023). Optimalisasi Kualitas Pelayanan Produk Gadai KCA di PT Pegadaian Cabang
Tegal. Skripsi.
Putri P., P. S., & Supriadi, Y. (2022). Penerapan Sistem Aplikasi Pegadaian Digital Service Dalam
Memudahkan Nasabah Bertransaksi Pada PT. Pegadaian (Persero) UPC Pagelaran. Jurnal Informatika
Kesatuan, 2(1), 29–34. https://doi.org/10.37641/jikes.v2i1.1378
Ningsih, D. D. S., & Maika, M. R. (2020). Strategi Bauran Pemasaran 4P Dalam Menentukan Sumber Modal
Usaha Syariah Pedagang Pasar di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 693–702.
https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1464
Habibah, N. U. (2017). Perkembangan Gadai Emas Ke Investasi Emas Pada. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan
Syariah, 1(1), 81–97. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.2095 81
Jain, M. K. (2013). An Analysis of Marketing Mix: 7Ps or More. Asian Journal of Multidisciplinary Studies,
1(4), 23–28. https://core.ac.uk/display/229673197