Strategi Pemasaran Dan Pendistribusian Aksesoris Ke Toko-Toko Kelontong Di Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang
Main Article Content
Abdul Hafidh Marzuki
Faiz Abrori Hanif Arif
Abdul Rokhim
Pemasaran dan distribusi merupakan elemen penting dalam keberhasilan penjualan suatu produk, termasuk aksesoris yang dijual di toko kelontong di Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dan distribusi aksesoris ke toko-toko kelontong guna meningkatkan daya saing dan penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui observasi langsung dan wawancara dengan 60 pemilik toko kelontong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aksesoris umumnya dibeli secara impulsif, dengan faktor harga dan tampilan produk sebagai pertimbangan utama. Sebagian besar pemilik toko menganggap aksesoris sebagai produk sampingan yang menambah pendapatan, namun terkendala oleh keterbatasan pemasok dan stok yang tidak tetap. Untuk mengatasi permasalahan ini, diterapkan strategi pemasaran berbasis hubungan interpersonal, strategi harga fleksibel, serta distribusi langsung melalui sistem pemesanan berbasis WhatsApp dan pengiriman langsung ke toko. Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan produk, memperkuat hubungan pemasok dengan toko, serta meningkatkan efisiensi distribusi aksesoris di wilayah tersebut.
Anika, Ria Ningsih. 2022. “ANALISIS STRATEGI DISTRIBUSI PRODUK DALAM MEMPERTAHANKAN PRODUCT LIFE CYCLE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Official BeeMe Bandar Lampung).” Skripsi, (Doctoral Dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Fauzan. 2021. “STRATEGI PT. RINJANI ROYAL COSMETINDO DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN(Studi Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial).” Undergraduate Thesis, UIN Mataram.
Hidayatullah, M.F, Ayu Indahwati, Nurul Setianingrum, and Ahmadiono Ahmadiono. 2023. “Strategi Pemasaran Produk Mitraguna Di Bank Syariah Indonesia.” Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 6 (2): 2836–42. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.4123.
Kusuma Ningrat, Nugraha, and Eky Aristriyana. 2023. “Penerapan Metode Distribution Requirement Planning (Drp) Dalam Penjadwalan Distribusi Produk Di Ukm Sb Jaya Ciamis.” Jurnal Industrial Galuh 5 (2): 92–105. https://doi.org/10.25157/jig.v5i2.3308.
Mumuh, Mulyana. 2019. “Strategi Penetapan Harga.”
Nisa, A. H., Hasna, H., & Yarni, L. (2023). Persepsi. KOLONI, 2(4), 213–226.
Rafidah, M.F, Hidayatullah, Nathania Nur, Nikmatul Masruroh, and nur ika Mauliyah. 2023. “Strategi Digital Marketing Dengan Instagram Dan TikTok Pada Butik Dot.Id.” Human Falah, no. September: 8–31. https://doi.org/10.30829/hf.v10i1.15161.
Rahayu, Sri Puji. 2024. “STRATEGI PEMASARAN UMKM AKSESORIS BATU PERMATA CV MUSTIKA ALAM PUTRA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT.” (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang), 1–79.
Sari, Rahayu. 2023. “Strategi Pemasaran Produk Dalam MeningkatkanKepuasan Pelanggan.” Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya (JPPISB) 2 (1): 109–13.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
ULFA, RISDIANA. 2017. “Strategi Pemasaran Produk Simpanan Sirela Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Di Bmt Walisongo Mijen.” Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 14–15.
Zabaidi, Maftukh. 2023. “Pengaruh Strategi Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Smartphone Dan Aksesoris ( Studi Kasus Pada Toko Handphone Warwershop Purwodadi Kabupaten Grobogan ).” JMB Preneur: Jurnal Manajemen, Bisnis, Dan Kewirausahaan 3 (2): 27–35.













 
												 
 
								