Peran Administrasi Dalam Mendukung Operasional Harian Di PT BPR Jatim KC Jember
Main Article Content
Anjani Layinatun Nisa
Siti Shofiatul Mukarromah
M. Daud Rhosyidy
Administrasi memiliki peran penting dalam mendukung kelancaran operasional perbankan, khususnya di PT BPR Jatim Bank UMKM Jatim KC Jember. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran administrasi dalam operasional harian serta bagaimana proses administrasi memengaruhi efisiensi kerja di bank. Metode yang digunakan adalah observasi dan studi pustaka selama pelaksanaan PPL.Hasil penelitian menunjukkan bahwa administrasi berkontribusi dalam pencatatan transaksi keuangan, pengelolaan dokumen, serta mendukung proses kredit. Dengan administrasi yang baik, bank dapat meningkatkan efektivitas pelayanan dan efisiensi operasional
Hasibuan, M. (2005). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Isnaini Mukarramatul, Anggitaningsih Retna, dan Setianingrum Nurul. “Pengembangan SDM dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan BMT-UGT Nusantara Capem Balung Jember.” ILTIZAMAT: Journal of Economic Sharia Law and Business Studies 3, no. 1 (2023): 76.
Kasmir. (2014). Manajemen Perbankan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Mariani, R. (2022). Manajemen operasional: Teori dan aplikasi. Yogyakarta: Andi Publisher.
Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2020). Laporan Perkembangan Perbankan di Indonesia. Jakarta: OJK.
Putri, D. J., & Nurhadi. (2024). “Pelaksanaan administrasi dalam mendukung operasional pada PT Alternative Media Group Kantor Cabang Surabaya”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri (JPMM), 2(2), 156–161. https://doi.org/10.556442
Ramadhan, R. (2023). Peran ilmu administrasi dalam sistem perbankan. Universitas Riau.
Sofiyatul Madaniyah, S., Setianingrum, N., & Anggitaniingsih, R. (2023). “Impact of Hajj savings product quality and service quality on customer loyalty of PT. BPRS Bhakti Sumekar Sumenep”. ILTZAMAT: Journal of Economic Sharia Law and Business Studies, 3(1), 21.
Yuwana, Siti Indah Purwaniang, Mulida Rahayu, Erlina Nurnafi’ah, dan Moch Ubaydillah Ramadani. “Studi Tentang Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan PT. Pos Indonesia (PERSERO) di Kantor Pos Bondowoso 68200.” Jurnal Penelitian Nusantara 1, no. 3 (Maret 2025): 129. https://doi.org/10.59435/menulis.v1i3.82