Pengaruh Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Muara Wahau
Main Article Content
Heri Hermanto
Mahfud Ifendi
Anggra Prima
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklim kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri 2 Muara Wahau. Iklim kerja yang kondusif dapat meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya, baik dalam aspek pengajaran, interaksi sosial, maupun profesionalisme. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, di mana data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 21 responden yang terdiri dari guru di sekolah tersebut. Variabel independen dalam penelitian ini adalah iklim kerja, sedangkan variabel dependennya adalah kinerja guru. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim kerja terhadap kinerja guru dengan nilai R sebesar 0,908, dengan kategori sangat kuat yang menjelaskan besaran korelasi atau hubungan kinerja guru dapat dijelaskan oleh iklim kerja. Kemudian besaran pengaruh iklim kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,824 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh iklim kerja terhadap kinerja guru sebesar 82,4% dan 17,6% di pengaruhi oleh faktor di luar iklim kerja Uji t juga menunjukkan hasil yang signifikan, dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin baik iklim kerja di sekolah, maka semakin tinggi pula kinerja guru. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak sekolah untuk terus meningkatkan kualitas iklim kerja guna mendukung kinerja optimal para guru.
Abdul Hamid. (2019). Pengaruh Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Bandar Lampung. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab.
Aswaruddin. (2021). Manajemen Penilaian Kinerja Guru. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(2).
Beril Erdoğan. (2007). PENGARUH KOMPETENSI SUPERVISI MANAJERIAL DAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU.
Eti Agustina. (2017). Supervisi Pengawas Dan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI DI MIN 1 Tanggamus Kabupaten Tanggamus [Skripsi]. UIN Raden Intan Lampung.
Ilmi Sawianti, Musdalifah, & Susdiyanto. (2019). Pengaruh Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 1 Ulaweng. Journal of Islamic Education Management , 5(1).
Imam Santoso. (2021). Pendidikan Pelatihan (Diklat), Iklim Organisasi, Dan Motivasi Berprestasi: Pengaruhnya Pada Kinerja Guru. Penerbit NEM.
Lulus Herdianto Setiohadi, & Harsono. (2019). Pengaruh Kompensasi Kerja Dan Iklim Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru Di SMK Batik 2 Surakarta.
Muhammad Ramdhan. (2021). Metode Penelitian . Cipta Media Nusantara.
Mustafa Lutfi, & Ricky Pramitha. (2013). Sisi-Sisi Lain Kebijakan Profesionalisme Guru: Optik Hukum, Implementasi, Dan Rekonsepsi . Universitas Brawijaya Press.
Nuraeni Nuraeni, Mashur Razak, & Fatmasari. (2022). Pengaruh Sertifikasi, Iklim Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Gugus Sd Negeri 45 Tombolo Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Nobel Management Review, 3(3).
Rifqah Ramdhana Jufri, Jufri, Jufri, & Jufri. (2024). Perspektif Ergonomika Dan Psikososial Di Lingkungan Kerja:(Iklim Kerja, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Dan K3). Nas Media Pustaka.
Sondang P. Siagian. (1995). Manajemen Stratejik.
Stephen P Robbins, Timothy A Judge, & Neharoka Vohra. (2018). Organizational Behavior 16e. Pearson.
Yeni Widyastuti. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah 1 Playen. Media Manajemen Pendidikan , 4(1).













