Pengembangan Program Pembelajaran IPA Sains Untuk Anak SD/MI Dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Berpikir Kritis
Main Article Content
Siti Nur Kolifatul Hasana
Arifah Sasta Firdausiah
Muhammad Suwignyo Prayogo
Penelitian ini berfokus pada pengembangan program pembelajaran IPA Sains bagi siswa SD/MI yang diarahkan untuk menumbuhkan sikap ilmiah serta kemampuan berpikir kritis sejak dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan acuan model pengembangan ADDIE, yang terdiri atas tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi konseptual, dan evaluasi. Kajian literatur yang dilakukan menunjukkan bahwa rancangan pembelajaran yang berbasis inkuiri dan proyek mampu menumbuhkan rasa ingin tahu, ketelitian, dan keterampilan analisis siswa terhadap fenomena ilmiah. Program yang dirancang memadukan kegiatan eksploratif dengan media sederhana di lingkungan sekitar, agar anak lebih mudah memahami konsep sains secara nyata. Melalui telaah terhadap berbagai hasil penelitian, program ini dinilai memiliki potensi untuk membangun karakter ilmiah siswa, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, serta menciptakan suasana belajar yang aktif dan bermakna. Dengan demikian, rancangan program ini diharapkan dapat menjadi alternatif inovatif bagi guru SD/MI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka.
Branch, R. M. (2021). Desain Instruksional: Pendekatan ADDIE. Springer.
Zimmerman, B. J. (2021). Menumbuhkan Pemikiran Kritis dan Sikap Ilmiah dalam Pendidikan Sains Dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 113(2), 245–260.
Davis, E. (2023). Tantangan dan Inovasi dalam Pengembangan Program Pendidikan Sains untuk Pembelajar Muda. Educational Research Review, 38, 100–115.
Dewan Riset Nasional. (2019). Kerangka Kerja untuk Pendidikan Sains K–12: Praktik, Konsep Lintas Bidang, dan Gagasan Inti. National Academies Press.
Phillips, J. J., & Phillips, P. P. (2019). Buku Pegangan Evaluator: Panduan Evaluasi untuk Pembelajaran dan Pengembangan. ASTD Press.
Molenda, M. (2020). Model ADDIE: Proses Terbukti untuk Desain Instruksional. Teknologi Pendidikan, 60(3), 14–20.
Johnson, L. (2022). Dampak Program Sains Berbasis Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Internasional Pendidikan Sains, 44(5), 789–805.
Persaud, R. (2023). Implementasi Desain Instruksional dalam Pendidikan K–12. Jurnal Sistem Teknologi Pendidikan, 51(4), 456–472.
OECD. (2019). Hasil PISA 2018 (Volume I): Apa yang Diketahui dan Dapat Dilakukan Siswa. OECD Publishing.
Rahman, N., & Putri, A. D. (2022). Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 11(1), 45–53.
Sulastri, E., & Hidayat, M. (2021). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 8(3), 210–220.
Kurniawati, D., & Setiawan, R. (2020). Penerapan Model Project-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 89–98.













