Peran Guru Dalam Mendesain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Yang Menarik Dan Bermakna
Main Article Content
Muhammad Salpi Dahsur
Syahdianra
Gusmaneli
Penelitian ini membahas pentingnya desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dirancang secara menarik dan bermakna agar peserta didik lebih aktif, termotivasi, serta memahami nilai-nilai keislaman secara mendalam. Selama ini, pembelajaran PAI sering dianggap monoton dan kurang menumbuhkan minat belajar karena metode yang digunakan masih berpusat pada guru. Dengan menggunakan metode library research, penelitian ini menelaah berbagai sumber literatur yang relevan untuk mengkaji konsep dasar desain pembelajaran PAI, peran guru sebagai desainer pembelajaran, serta prinsip pembelajaran yang menarik dan bermakna. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru memiliki peran strategis dalam merancang pembelajaran yang kontekstual, interaktif, dan berbasis nilai Islam dengan memanfaatkan media digital serta metode aktif. Desain pembelajaran seperti ini tidak hanya meningkatkan kualitas proses belajar, tetapi juga membentuk karakter religius dan akhlak mulia peserta didik.
Anisa Zein, A. (2025). Pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI: Studi literatur tentang peran guru. Jurnal Pendidikan Islam dan Karakter, 12(1), 299–304.
Haidar, G. A., & Maulani, H. (2025). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter siswa di era digital. Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 234–239. https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan
Hamzah, N. F. P., & Sesmiarni, Z. (2025). Pengaruh peran guru PAI sebagai desainer pembelajaran terhadap karakter religius siswa di era digital. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(6), 74–81.
Herlina, L., Nurbaya, S., Farkhaini, Y. U., Ulfa, N., & Zuhriyah, N. (2025). Perencanaan Dan Desain Pembelajaran.
Musyarrofah, I. L. (2024). Peran Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Pemahaman Materi PAI. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 175–187. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v3i1.1953
Nuryana, & Ladamay, O. M. M. A. (2025). Peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa SD Plus Muhammadiyah Pancor. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 62–73. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus
Purnasari, D., & Nugraha, D. (2024). Strategi pembelajaran diferensiasi dalam model desain pembelajaran PAI: Memenuhi kebutuhan heterogenitas siswa di SD Garut Islamic School Prima Insani. Jurnal Kajian Ilmiah Pendidikan Islam (KAIPI), 3(1), 75–80. https://ejournal.stais-garut.ac.id/index.php/kaipi/article/view/23
Safrudin, S., & Sesmiarni, Z. (2022). Profesional guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam meningkatkan literasi di era digital. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 8(4), 308–316. https://journal.al-matani.com/index.php/jkip/article/view/308
Safrudin, S., & Sesmiarni, Z. (2022). Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Literasi Di Era Digital. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 3(1), 43–53. https://doi.org/10.55583/jkip.v3i1.308
Shobihah, S. S., Fakhruddin, A., & Firmansyah, M. I. (2024). Implementasi Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning) dalam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Mutiara Bunda. Allama: Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(1), 57-74. https://jurnal.appki.or.id/index.php/allama/article/view/6
Sitorus, S. Z. (2025). Peran guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis nilai-nilai keislaman di sekolah. KHIDMAT: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 115–121. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/khidmat
Suharsono, A., & Setiabudi, N. F. (2022). Peran guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran daring di SMPN 2 Wedarijaksa. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 2(1), 33–44.













