Pengaruh Metode Pembelajaran Praktikum Berbantuan STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Pada Sub Bab Materi Perubahan Lingkungan Di SMA Negeri Darussholah Singojuruh Tahun Ajaran 2024/2025
Main Article Content
Faniessa Liufvanni
Globalisasi menuntut sumber daya manusia yang kritis, kreatif, dan adaptif. Namun, hasil TIMSS dan PISA menunjukkan kemampuan berpikir kritis peserta didik Indonesia masih rendah. Studi dari Global Institute menyebutkan bahwa hanya sekitar 5 % peserta didik Indonesia yang mampu menyelesaikan soal penalaran barkategori tingkat tinggi. Observasi di SMANegeri Darussholah Singojuruh mengungkap pembelajaran biologi masih dominan ceramah dan praktikum belum optimal. Penelitian ini menerapkan metode praktikum berbasis STEM pada materi ekosistem sub bab perubahan lingkungan, mengintegrasikan sains, teknologi, rekayasa, dan matematika. Tujuan penelitian yaitu sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMAN Darussholah antara kelas kontrol dengan menggunakan metode praktikum tanpa berbasis pendekatan STEM dengan kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran praktikum berbasis pendekatan STEM pada mata pelajaran ekosistem Tahun Ajaran 2024/2025. 2. Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran praktikum berbasis pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi ekosistem kelas X SMAN Darussholah Banyuwangi Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan model penelitian pretest postest control group design yang dilakukan di SMAN Darussholah Singojuruh. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan peningkatan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi. Uji nonparametrik Mann Whitney menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Temuan ini membuktikan bahwa metode pembelajaran praktikum berbasis STEM memberikan pengaruh positif yang lebih besar terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dibandingkan metode praktikum konvensional.
Affandy, H., Aminah, N., S., & Supriyanto, A. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Dinamis di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 25–33. (2019)
Arifin, Zaenal. Modul Belajar Mandiri Pembelajaran Ekosistem Calon Guru PPPK.
Arikunto, S. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi VI). PT. Rineka Cipta. (2006)
Artayasa, I. P. PRAKTIKUM BIOLOGI SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE:MINAT MAHASISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS. Jurnal Ilmiah Biologi, Vol. 9, 389–401. (2021)
Eko Suparno, W. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. (2015)
Hardjasoemantri, K. Hukum Tata Lingkungan (Siti (ed.); VIII). Gadjah Mada University. (2017)
Hobri. Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). (2021) Indriyanto. Ekologi Hutan. Bumi Aksara, 224. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=662740. (2010)
Kurniawati, L., Akbar, R. O., & Ali, M. Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Sumber Kabupaten Cirebon. Mathematics Education Learning and Teaching, 4 (2)(2), 62–74. (2015)
Mu’minah, I. H. suryaningsih, Y. Implementasi Steam (Science, Technology,. Jurnal Bio Educatio, 5(1), . 65-73. (2020) Nurlenasari, N., Lidinillah, D. A. M., Nugraha, A., & Hamdu, G. Assessing 21st century skills of fourth-grade student in
STEM learning. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012058. (2019)
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media. (2017)
OECD. PISA 2022 Results Indonesia. Factsheets, 1–9. https://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country- notes/malaysia-1dbe2061/. (2023)
Purnomo, R. A. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. In Cv. Wade Group. (2017)
Roberts, A., & Cantu, D. Applying STEM Instructional Strategies to Design and Technology Curriculum. Technology Education in the 21st Century, 111–118. https://www.diva- portal.org/smash/get/diva2:533285/fulltext01.pdf%2523page=81#page=111. (2012)
Rodger, W. B. Scientific and Engineering Practices in K–12 Classrooms Understanding A Framework for K–12 Science Education. NSTA, December. https://doi.org/10.4018/978-1-59904-597-9.ch013. (2011)
Rosnawati, R. Enam Tahapan Aktivitas Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Naional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 507–512. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12303. (2013)
Rustaman, N. Strategi Belajar Mengajar Biologi. UM Press.(2005)
Siswoyo and Sunaryo. High Order Thinking Skills: Analisis Soal dan Implementasinya dalam Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika, Vol 3, 11–20. (2021)
Slavin, R. E. Cooperative Learning. Review of Educational Research, Vol. 50, 315–342. (1980) Soemarwoto, O. 304.2 ekologi lingkungan hidup dan pembangunan.pdf. Djambatan. (2004) Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (2020).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); Kedua Ceta). CV ALFABETA. (2023)
Sulistiyawati, S., & Andriani, C. Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Berdasarkan Perbedaan Gender Siswa. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 127–142. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1289. (2017)
Suryaningsih, Y. . Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Education, Volume 2, 49–57. (2017)
Wardhana, Aditya. Kartawinata, B. R. A. (n.d.). METODE RISET BISNIS (S. Sanjaya (ed.)). PT. Karya Manunggal Lithomas.













