Peran Strategi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Yang Religus,Toleran,Dan Berakhlak Mulia Di Era Globalisasi
Main Article Content
Rif’atus Sholehah
Lailatur Rosyidah
Elsa Imania
Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam membentuk karakter bangsa Indonesia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, serta mampu menghadapi tantangan globalisasi. PAI tidak hanya berfungsi sebagai media transfer ilmu keagamaan, tetapi juga sebagai sarana internalisasi nilai-nilai moral dan pembentukan kepribadian peserta didik yang moderat, toleran, serta berwawasan kebangsaan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep dasar PAI, tujuan pembelajarannya, strategi inovatif yang diterapkan, tantangan yang dihadapi di era modern, serta solusi untuk optimalisasi peran PAI. Nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, empati, kerja sama, dan toleransi merupakan fondasi utama dalam proses pendidikan karakter yang diusung oleh PAI. Di tengah krisis moral, degradasi nilai, dan pengaruh budaya global, PAI diharapkan mampu menjadi benteng etika dan identitas keagamaan peserta didik. Melalui pendekatan yang adaptif dan kontekstual, pembelajaran PAI dapat lebih relevan dan efektif dalam membentuk generasi yang unggul secara spiritual dan intelektual. Penguatan kurikulum, peningkatan kompetensi guru sebagai teladan, serta pemanfaatan teknologi digital menjadi faktor penting dalam menunjang keberhasilan PAI. Dengan demikian, PAI tidak hanya dipahami sebagai mata pelajaran formal, melainkan sebagai instrumen peradaban yang berkontribusi dalam membentuk bangsa yang berintegritas, religius, dan siap bersaing di era global.
Nuraida Hasibuan, “Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Bangsa Di Era” 3, no. 2 (2025): 391–95.
N. A. R. Alam, “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Indonesia,” Jurnal Sosial Humaniora 11, no. 2 (2020): 145–63.
Alam.
Muhammad Aufa Muis et al., “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Bangsa Di Era Globalisasi,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7, no. 7 (2024): 7172–77, https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4872.
Lely Amelia Aryani, Elpiati Silpi, and Herlini Puspika Sari, “Globalisasi Dan Transformasi Pendidikan Islam: Menyongsong Era Digital,” Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2025): 426–34, https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.931.
Mohamad Wahyudin et al., “Pembentukan Karakter Melalui Peran Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri” 03, no. 03 (2024): 56–66, https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal.
Wahyudin et al.
Juliani et al., “Implementation of Islamic Religious Education Curriculum Based on Values to Form Students’ Islamic Character,” Journal of Contemporary Islamic Primary Education 2, no. 3 (2024): 170–79, https://doi.org/10.61253/jcipe.v2i3.300.
Arifuddin Arifuddin, Nelfa Yosi, and Marlina Marlina, “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Digital,” Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 2, no. 1 (2023): 70–78, https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i1.717.
Ahmad Furqon and Ma’mun Hanif, “Strengthening Character Education Through Islamic Religious Education: A Case in Indonesian Context,” Tadibia Islamika 2, no. 2 (2022): 65–71, https://doi.org/10.28918/tadibia.v2i2.6261.
Sean P Collins et al., “No Title 済無No Title No Title No Title,” 2021.
Syarif Rahman et al., “The Impact of Islamic Religious Education on the Development of Social Character Among Secondary School Students,” International Journal of Educational Research Excellence (IJERE) 3, no. 1 (2024): 421–27, https://doi.org/10.55299/ijere.v3i1.881.
Fadjar, Malik. (2005). Holistik Pemikiran Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Meria, Aziza. (2012). Pendidikan Islam Di Era Globalisasi Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, Nomor 1, hlm. 87-92.
Arifin, Z. (2022). Digital literacy in Islamic education: Challenges and solutions. Journal of Islamic Pedagogy, 5(2), 67–80
Hasan, Z. (2020). Empowering national character through Islamic education. International Journal of Education, 15(3), 87–102
Hidayat, R. (2020). Value-based education for strengthening national character. Jurnal Pendidikan Nilai, 8(1), 45–57
Rahman, T. (2021). Teknologi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Bandung: Alfabeta.
Juliani et al., “Implementation of Islamic Religious Education Curriculum Based on Values to Form Students’ Islamic Character.”