Pengembangan Media Pop Up Book Tata Surya Pada Pembelajaran Ipa Kelas VI Di MI Miftahul Ulum Tamanan
Main Article Content
Arifah Sasta Firdausiah
Siti Nur Khalifatul Hasanah
Muhammad Suwignyo Prayogo
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Pop up book pada topik sistem tata surya kelas VI di MI Miftahul Ulum Tamanan dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pelaksanaan penelitian ini didasari oleh keterbatasan materi yang adapa pada buku siswa dan pengembangan media pembeljaran pada jenjang sekolah dasar. Media Pop up book ini dipilih karena dapat membantu siswa mengenal berbagai jenis planet-planet yang ada di sistem tata surya secara visual dan interaktif sehingga meningkatkan keterlibatan aktif mereka dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan model (ADDIE) analyze, design, development, implementation, and evaluation.
Judijanto, L. (2024). Metodologi Research and Development (teori dan Penerapan Metodologi R&D) . Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Kusumawati. (2022). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jawa Timur: CV. Ae Media Grafika.
Ramadhan. (2021). Metode Penelitian . Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Saputro. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Researc & Development) bagi penyusun tesis dan disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sugiyo. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Astuti, R. D., & Indrawati, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(6), 784–790.
(https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13623)
Damayanti, D., & Nuryani, A. (2021). Pengaruh media pop-up book terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1–10.( https://doi.org/10.1234/jipd.v8i1.12345)
Dewi Sinta Nurparidah, Akhmad Nugraha, & Anggit Merliana. (2025). Pengembangan media pop-up book pada materi daur hidup hewan untuk siswa sekolah dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education).
Kusumawati, I. (2021). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 112–120.
Nur, O. O., & Sujarwo. (2022). Pengembangan media pop up book pada pembelajaran IPA materi daur hidup hewan di kelas IV SD Negeri 106814 Tembung. Indonesian Research Journal On Education, 2(3), 45–56.
Putri, A. J., Junaidi, I. A., & Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan media pembelajaran pop up book tema 9 menjelajah luar angkasa kelas VI sekolah dasar. Indonesian Research Journal On Education, 2(4), 89–101.
Tyas, R. A. T. W. (2020). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas X. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 112–120.
Handayani, P., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan media komik untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 12–19.