Analisis Struktur Dan Unsur Teks Berita Pada Portal Berita Suara Merdeka Edisi 10 April 2025 Sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Berita Di SMA
Main Article Content
Laras Safitri
Winna Widyadhana
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur dan unsur teks berita yang dimuat dalam portal berita Suara Merdeka edisi 10 April 2025 serta menelaah potensinya sebagai alternatif bahan ajar teks berita di jenjang SMA. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik simak dan catat sebagai metode pengumpulan data. Objek penelitian berupa tujuh berita dari rubrik nasional, internasional, dan lokal dianalisis berdasarkan kelengkapan struktur (judul, kepala, tubuh, dan ekor) serta unsur 5W+1H (what, who, when, where, why, how). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berita-berita dalam portal Suara Merdeka umumnya memenuhi kelengkapan struktur dan unsur berita secara utuh serta memuat isu-isu aktual yang relevan dengan kehidupan peserta didik. Dengan demikian, berita-berita tersebut dinilai layak dan potensial untuk dijadikan sebagai bahan ajar yang kontekstual, aktual, serta mendukung penguatan literasi digital siswa. Penggunaan media digital sebagai bahan ajar juga sejalan dengan semangat Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran berbasis isu dan pemanfaatan teknologi informasi.
Aditia, R., Utami, S. P. T., & Neina, Q. A. (2023). Aplikasi Koin : Pengembangan Media Penunjang Pembelajaran Menulis Laporan Hasil Observasi Berbasis Android Bagi Peserta. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.31943/bi.v8i1.316
Ahammi, F., Ibrani, M. A., Cahyaningrum, R. A. Y., Bintang, A., Juniar, A. D., Utomo, A. P. Y., Neina, Q. A., & Maharani, A. T. (2025). Analisis Tindak Tutur Representatif dalam Video Bertema “ Sumber Energi Kelas 10 Kurikulum Merdeka ” pada Channel Youtube Pura-pura Tau Fisika Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , Universitas Negeri Semarang , Indonesia. Nian Tana Sikka : Jurnal ilmiah Mahasiswa, 3(1).
Ain, M. N., Muqaromah, A., & Farhurohman, O. (2025). Media Ajar Berbasis Digital dalam Pembelajaran IPS di SD / MI.
Anggaryani, M., Satriawan, M., Saputra, O., & Habibbulloh, M. (2023). Dasar-Dasar Pengembangan Bahan Ajar (Berorientasi pada pembelajaran berbasis proyek) (A. Nurlailiyah (ed.); 1 ed.). PT Mitra Publikasi dan Edukasi. https://buku.edupartnerpublishing.co.id/repository/index.php/buku/article/view/55
Anjani, I. E., Natalia, D., Suprima, S., Tarina, D. D. Y., Anam, A. K., & Lewoleba, K. K. (2023). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Muda Demi Mewujudkan Indonesia Emas 2045. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 322–331.
Anjani, R., Hairunnisa, & Khoirunisa, A. R. (2020). Implikasi Perubahan Makna Berita Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Teks Berita. Prosiding Samasta, 1–7.
Aulia, A. F., Asbari, M., & Wulandari, S. A. (2024). Kurikukulum Merdeka: Problematik Guru dalam Implementasi Teknologi Informasi pada Proses Pembelajaran. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 65–70.
Bangun, E. P., A Koagouw, F. V. I., & Kalangi, J. S. (2019). Analisis Isi Unsur Kelengkapan Berita Pada Media Online Manadopostonline.com. Acta Diurna Komunikasi, 1(3), 4–13. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/25560
Bangun, E. P., Koagouw, F. V. I. A., & Kalangi, J. S. (2019). Analisis Isi Unsur Kelengkapan Berita pada Media Manadopostonline.com. 291.
Brooks, B. S. (2014). News Reporting and Writing (Eleventh Edition). Bedford/St. Martin’s.
Chaer, A. (2010). Bahasa Jurnalistik. Rineka Cipta.
Effendy, E., Zakaria, Azlisa, & Anggarana. (2023). Dasar Dasar Penulisan Berita. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 4042–4044.
Fakih, A., Setiowati, Y., Burano, R. S., Pertanian, F., Muhammadiyah, U., Barat, S., & Barat, S. (n.d.). Inovasi dan Pengembangan Pembelajaran Era Digital. 19(1), 1–7.
Gozali, M. (2023). Teknologi dan Pendidikan, Menemukan Keseimbangan yang Tepat untuk Maksimal Pembelajaran. kompasiana. https://www.kompasiana.com/mohamad02374/64128a023555e4043366a048/teknologi-dan-pendidikan-menemukan-keseimbangan-yang-tepat-untuk-maksimal-pembelajaran
Kosasih, E. (2018). Jenis-jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Yrama Widya.
Listikal, E., & Tamsin, A. C. (2023). Struktur Dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kerinci. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 01–10.
Maulida, S. Z., & Ningtyas, T. (2023). Keterbacaan Teks Berita di Kompas.com sebagai Alternatif Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Readability of News Texts on Kompas.com as an Alternative Teaching Material for Indonesian Language Subjects). Indonesian Language Education and Literature, 9(1), 208. https://doi.org/10.24235/ileal.v9i1.13189
Mudawwamah, M. R., Sulistiani, I. R., & Zakaria, Z. (2022). Pengaruh Penggunaan Buku Ajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di MI Roudlotun Nasyiin Singosari. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(3), 180–181.
Mufidin, P., Kusmana, S., & Jaja, J. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Teks Berita Berdasarkan Pengalaman Pewarta. Jurnal Tuturan, 12(1), 31. https://doi.org/10.33603/jurnaltuturan.v12i1.8717
Pandiangan, F., Simanjuntak, D. S. R., Maibang, E., Simbolon, M. H., Purba, M., & Bangun, Y. M. B. (2024). Analisis Unsur 5W + 1H dan Struktur Kalimat pada Berita “Alasan 19 Mahasiswa UNIKA Diskorsing Hingga DO.” 10(2), 53–59.
Purba, E., Sinaga, S., Ritonga, Z., Sagala, R. W., Manurung, E., Suhardi, & Puteri, A. (2024). Mendobrak Kebosanan: Bahan Ajar Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Gamifikasi. Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 7(12), 1–5.
Renovriska, M. D., & Fitriana, F. T. (2022). Penggunaan Diksi Pada Judul Berita dalam Portal detik.com dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) Bahasa Indonesia. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(1), 1. https://doi.org/10.30595/mtf.v9i1.13719
Septiana, R. E., & Rahmawati, L. E. (2021). Implementasi Eufemisme Dalam Berita Utama Surat Kabar Tempo Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di Smp. Prasi, 16(01), 40. https://doi.org/10.23887/prasi.v16i01.34100
Sidiq, V. A. R. A., Triyadi, S., & Pratiwi, W. D. (2022). Analisis Struktur dan Unsur Berita Detik.Com Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 240–264. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4202
Silaen, E. M. G., Pratiwi, W. D., & Setiawan, H. (2023). Analisis Struktur Teks Dan Kaidah Kebahasaan Pada Berita Tragedi Kanjuruhan Dalam Media Liputan6.Com Edisi Bulan Oktober 2022 Serta Rekomendasi Sebagai Bahan Ajar Menelaah Struktur Dan Kebahasaan Teks Berita di SMP. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 3906–3921.
Silviani, D., & Prabawa, A. H. (2023). Pemanfaatan Berita Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Menulis Teks Editorial Kelas XII di Madrsah Aliyah. 6.
Sumadiria, A. H. (2006). Bahasa Jurnalistik. Simbiosa Rekatama Media.
Widiani, N. M., Yasa, I. N., & Wirahyuni, K. (2023). Pemanfaatan Media Koran Digital “Kompas.Com” dalam Pembelajaran Teks Berita di Kelas VIII B SMP Negeri 1 Tejakula. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 13(1), 59–68.
Widyaswarawati, W., & Hasfi, N. (2019). Analisis Isi Etnografis: Gaya Jurnalisme Media Baru pada Berita di Platform Tiktok. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI