Pengembangan Media Lapbook Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Pada Materi Pancasila
Main Article Content
Anggun Dwi Jayanti
Dita Fransiska
Ulfa Isnaini
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis lapbook guna meningkatkan partisipasi siswa dalam mempelajari nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas III di SD Negeri 2 Podomoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Proses pengembangan mencakup analisis kebutuhan, perancangan isi lapbook, pengembangan dan validasi produk, implementasi di kelas, serta evaluasi efektivitasnya. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterlibatan siswa, dengan 87,92% siswa memberikan tanggapan positif terhadap lapbook dari segi tampilan, kemudahan penggunaan, dan efektivitas pembelajaran. Lapbook ini mengintegrasikan elemen visual dan kinestetik, memungkinkan siswa secara aktif mengeksplorasi nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan melipat, memotong, dan merakit isi materi. Media ini terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif, motivasi, dan pemahaman siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media lapbook sangat layak dan sesuai untuk meningkatkan pembelajaran partisipatif dalam Pendidikan Kewarganegaraan, terutama pada materi yang bersifat abstrak dan sarat nilai seperti Pancasila.
Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Badriyah, S. (2023). Pengembangan media lapbook untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik terhadap materi perubahan wujud benda kelas V di MI Mamba’ul Ulum Kota Kediri (Skripsi, IAIN Kediri). https://etheses.iainkediri.ac.id/
Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif. Semarang: Fatawa Publishing.
Batubara, H. H. (2021). Media pembelajaran MI/SD. Semarang: Graha Edu.
Cahyadi. (2019). Pengembangan media dan sumber belajar. Serang: Kota Serang Baru (KBS).
Dewi, Y. (2020). Indikator partisipasi belajar siswa (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).
Hake, R. R. (2020). Interactive engagement vs traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 68(1), 64–74.
Hidayat, R. (2020). Penerapan media lapbook dalam meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(3), 45–55.
Indrayana, B. (2019). Pendidikan Pancasila sebagai pilar pendidikan karakter bangsa. Jurnal Pendidikan, 24(3), 45–52.
Iskandar. (2017). Partisipasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(2), 101–110.
Kemendikbudristek. (2022). Capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka: Pendidikan Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kusuma, A., & Wahyudi, A. (2021). Implementasi nilai Pancasila dalam kurikulum pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 101–110.
Kusumaningsih, D., Rahmawati, S., & Nurweni, A. (2023). Peningkatan hasil belajar PPKn model NHT dengan media lapbook di SD Muhammadiyah Trayu. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an, 11(1), 45–56.
Lestari, N. (2019). Strategi penerapan media lapbook dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 109–118.
Lestari, P. A., & Prasetyo, H. (2021). Analisis partisipasi siswa dalam pembelajaran PPKn di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(3), 412–422.
Marlina, L., & Rahmawati, D. (2020). Inovasi media pembelajaran dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(2), 60–67.
Napitupulu, S. (2021). Pengaruh media lapbook pada pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101899 Lubuk Pakam. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 1(1), 1–10.
Nasution, S., Harahap, D., & Syahputra, E. (2022). Pengaruh strategi aktif terhadap partisipasi siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 65–74.
Nurhayati, D., & Saputra, M. (2022). Faktor penyebab rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran nilai Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 23–30.
Purbawati, R., Abdullah, M., & Rahman, A. (2020). Partisipasi publik dalam proses pembelajaran di era pandemi Covid-19. Administratio: Jurnal Administrasi Publik, 2(2), 123–130.
Putra, H. A., & Sari, D. N. (2022). Urgensi pembelajaran Pancasila dalam membentuk karakter bangsa. Jurnal Civics, 19(1), 55–63.
Rachmawati, I. (2020). Strategi kontekstual dalam pembelajaran nilai Pancasila di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 15–24.
Ramadhani, R., & Dewi, K. (2023). Inovasi media lapbook dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan keaktifan siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 15(2), 89–97.
Reza, W. P. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, pengalaman kerja dan penempatan terhadap kinerja pada PT. Bank Riau Kepri Cabang Teluk Kuantan. JOM Fekon, 4(1), 426–437.
Riduwan. (2013). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Yogyakarta: Alfabeta.
Sadiman, A. S. (2019). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Safitri, E., Zakso, A., Purnama, S., & Sulistyarini, B. (2024). Meningkatkan partisipasi belajar peserta didik melalui media teka-teki silang. Jurnal Edukasi, 12(1), 45–52.
Sari, N. (2021). Lingkungan belajar dan partisipasi siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 99–108.
Setiyani, E., & Nurohman, S. (2020). Kepercayaan diri dan hubungannya dengan partisipasi belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 45–52.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian dan pengembangan research and development. Bandung: Alfabeta.
Suparno, P. (2019). Teori belajar konstruktivisme: Landasan teoritis dan praktis dalam pembelajaran. Jakarta: Gramedia.
Utami, N. F., & Wulandari, R. (2021). Pengaruh penggunaan media lapbook terhadap partisipasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45–53.
Wahyuni, D. (2021). Peningkatan partisipasi belajar melalui strategi aktif siswa. Prosiding SNPPTK UNNES, 1–10.
Yuliana, D., & Setyowati, W. (2021). Pemanfaatan lapbook untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 6(1), 23–31.