Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas III SD N 1 Pardasuka Timur
Main Article Content
Nurul Alfiah
Siti Nur Aranah
Mislin Asmiarti
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis pop-up book pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas III SD N 1 Pardasuka Timur. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn yang cenderung bersifat abstrak dan teoritis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 1 Pardasuka Timur. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi ahli materi, ahli media, serta angket respon siswa. Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa media pop-up book yang dikembangkan termasuk dalam kategori "sangat layak" untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Respon siswa terhadap media tersebut juga menunjukkan hasil yang sangat positif, yaitu meningkatkan minat dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, media pembelajaran pop-up book dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan sebagai salah satu alternatif media dalam pembelajaran PPKn di sekolah dasar.
Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Fitriyani, N., & Prasetyo, E. (2023). Penerapan media pop-up book dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(1), 34–42.
Kristanto, A. (2016). Media pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya.
Lubis, Y. (2021). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbudristek.
Munadi, Y. (2020). Media pembelajaran: Sebuah pendekatan baru. Jakarta: Referensi.
Prastowo, A. (2020). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rahmawati, D., & Susanto, H. (2022). Efektivitas penggunaan media visual dalam pembelajaran PKn di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 88–95. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i2.54321
Riyana, C. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis buku cerita bergambar untuk siswa kelas rendah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 12–21.
Rohmah, S. N., & Fauziah, R. (2023). Pengaruh media interaktif terhadap pemahaman nilai-nilai Pancasila pada siswa SD. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 56–64.
Sadiman, A. S. (2019). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, W. (2020). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Widodo, S. A. (2021). Media pembelajaran kontekstual untuk pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(1), 77–85.