Pengembangan Media Poster Edukatif Nilai-Nilai Pancasila Kelas V Sekolah Dasar
Main Article Content
R Aji Yunanda
Maya Sopiana
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media poster edukatif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada siswa kelas V sekolah dasar, khususnya pada materi nilai-nilai Pancasila. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran yang bersifat konvensional. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang menarik dan inovatif untuk meningkatkan keterlibatan serta pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Prosedur pengembangan melibatkan validasi ahli materi dan media serta uji coba pada siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media poster edukatif termasuk dalam kategori sangat layak dan menarik digunakan dalam proses pembelajaran. Media ini terbukti efektif dalam membantu guru menyampaikan materi secara visual dan memudahkan siswa memahami nilai-nilai Pancasila dengan cara yang menyenangkan. Dengan demikian, pengembangan media poster edukatif ini diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang aplikatif di sekolah dasar.
Akbar, R. M. (2022). Flash Card Sebagai Media Pembelajaran dan Penelitian. Sukabumi: Haura Utama.
Amalia, F., & Najicha, F. U. (2023). Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam membangun karakter bangsa. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(1), 1–6.
Aryani, E. D., Fadjrin, N., Azzahro, T. A., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi nilai nilai Pancasila dalam pendidikan karakter. Gema Keadilan, 9(3), 186– 198.
Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Ayuni, V. S., Munandar, H., & Junita, S. (2020). Pengembangan media poster pelestarian makhluk hidup untuk meningkatkan pengetahuan siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada pembelajaran ipa tema 6 subtema 3. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).
Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing
Cahyadi, Ani. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia.
Fauziah, N. R., Dewi, N. K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Media Poster Muatan PPKN Materi Pancasila Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 7 14.
Jannah, F. Z., Serevina, V., & Astra, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Fisika Fluida Statis Berbasis Lingkungan Dalam Bentuk Poster Photoscrap. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2016, V.
Larasati Nur Indah Prawesti, M. P., Adi Nugroho Susanto Putro, S. K. M. T., Mulyani Pratiwi, S. T. M. T. I., Erna Wardani, S. P. M. H., Siti Misaroh Ibrahim, M. E., Kiki Frinando Saragih, S. P., Ija Srirahmawati, M. P., Mohammad Ali Mahmudi, S. P. I. M. P., Novelina Andriani Zega, S. P. M. P., & Fatmawati, M. P. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN. Lakeisha. https://books.google.co.id/books?id=C60MEQAAQBAJ
Nurfadhillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S. W., & Jamirullah, R. F. (2021). pengembangan media pembelajaran berbasis media poster pada materi “perubahan wujud zat benda” kelas V di sdn sarakan Ii tangerang. Nusantara, 3(1), 117–134.
Rizawayani, R., Sari, S. A., & Safitri, R. (2017). Pengembangan media poster pada materi struktur atom di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 127 133.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.
Sekarini. W. (2018) Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Muhammadiyah 01 Sukarame.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyono, Y. (2016). Penyusunan media pembelajaran poster berbasis teks: Studi kasus media pembelajaran poster karya mahasiswa semester 5 pendidikan bahasa indonesia UMS. Jurnal Varidika, 27(2), 208–215.
Supriadi, G. (2021). Statistik Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Yusandika, A. D., Istihana, I., & Susilawati, E. (2018). Pengembangan media poster sebagai suplemen pembelajaran fisika materi tata surya. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 187–196.
Zaman, B. (2013). Media dan Sumber Belajar TK Cet. 5. Universitas Terbuka.