Penerapan Evaluasi Autentik Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar
Main Article Content
Siska Amelia Fernanda
Virli Okta Fernica
Miftahul Bagas Pratama
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan penilaian autentik dalam Kurikulum Merdeka, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di jenjang sekolah dasar. Menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus, penelitian ini berupaya menggambarkan secara mendalam bagaimana penilaian autentik diterapkan dalam proses pembelajaran. Penilaian autentik merupakan bagian penting dari Kurikulum Merdeka karena menilai kompetensi siswa secara menyeluruh, meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Berdasarkan hasil wawancara, diketahui bahwa guru awalnya mengalami kesulitan dalam menerapkan penilaian ini karena membutuhkan pemahaman serta pendekatan berbeda dari penilaian tradisional. Namun, seiring meningkatnya pengalaman dan pemahaman, guru mulai menguasai teknik serta alur pelaksanaannya. Mereka mampu melakukan pengamatan yang lebih objektif terhadap perilaku siswa, memahami penguasaan materi, dan menilai keterampilan melalui kegiatan nyata di kelas. Secara keseluruhan, penerapan penilaian autentik terbukti memberikan dampak positif terhadap peningkatan mutu pembelajaran PPKn di sekolah dasar.
Akrim. (2020). Desain Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persanda.
Dasmalinda. (2020). Penerapan Penilaian Autentik Berdasarkan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Civic Media Kajian Kewarganegaraan .
Eko Supraptono, e. (2022). Pelatihan Peningkatan Kopetensi Evaluasi autentik Dalam Pembelajaran Meredeka Belajar Kurikulu Merdeka (MBKM) Jenjanng Pendidikan SMP. Pengabdian Mandiri .
Eny Winaryati, d. (2022). Penilaian Otentik. Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia.
et.al, H. H. (2024). Ragam Asesmen dab Strategi Inovatif Untuk Pendidikan Dasar. Bandung: Indonesia Emas Group.
et.al, N. (2023). Transformasi Pembelajaran Di Era Kurikulum Merdeka Belajar. Banten: Sada Kurnia Pustaka.
Maulani, G. (2024). Evaluasi Pembelajaran . Banten: Sada Kurnia Pustaka.
May. (2021). Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama kristen. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Mayasari, D. (2020). program Perencanaan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Budi Utama.
Nurzannah. (2021). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Al-Qur"an. Medan: Redaksi.
Reviva Safitri, e. (2024). Evaluasi Pembelajaran. Pekalongan, Jawa Tengah: Nasya Expanding Management.
Saskia Aulia, e. (2024). Konsep Penilaian Autentik Dalam Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Penelitian Tindakan Kelas Indonesia Vol:1.