Analisis Implementasi Strategi Promosi Digital Pada PT XYZ
Main Article Content
Nadia Sri Navani
Christian Wiradendi Wolor
Eka Dewi Utari
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi promosi digital, strategi-strategi yang diterapkan, beserta tantangan dan solusi dari implementasi promosi digital. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Unit analisis dalam penelitian ini yaitu karyawan di Divisi Sosial Media, PT XYZ yang terlibat dalam kegiatan promosi digital. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat strategi promosi digital yang diterapkan di PT XYZ, yaitu media sosial, email marketing, content marketing, dan influencer. Untuk implementasi promosi digital pada PT XYZ sudah berjalan baik dengan berfokus pada pemanfaatan TikTok dan Facebook sebagai media promosi. Sementara itu, terdapat tantangan dalam implementasi promosi digital, yaitu persaingan yang ketat, keterbatasan sumber daya, keterbatasan anggaran, dan perubahan tren pasar. Cara mengatasi tantangan tersebut dilakukan dengan menentukan target audiens secara spesifik, manajemen waktu yang efektif, budgeting atau penganggaran, dan pemantauan serta identifikasi tren pasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan saran dan masukan strategis dalam mengoptimalkan promosi digital.
Andirwan, Asmilita, V., Zhafran, M., Syaiful, A., Beddu, M. 2023. Strategi Pemasaran Digital: Inovasi untuk Maksimalkan Penjualan Produk Konsumen di Era Digiral. Jurnal Ilmiah Multidisiplin AMSIR. Vol. 2, No. 1.
Arifuddin, A., & Alimudin, F. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat. Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1).
Dewi, L. S., & Setiawan, W. B. (2023). Pengembangan Dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Di Era Digital Marketing Menuju 5.0 Dengan Memanfaatkan Platform Media Sosial Pada Umkm Di Desa Sukasukur Kecamatan Cisayong. Jurnal Umum Pengabdian Masyarakat, 2(4).
Fujiono, Zabadi, F., Hanayanti, S, C., & Rahmawati, R, R. 2023. Pemanfaatan Google-Maps Sebagai Bentuk Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM di Desa Bunder. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), Vol. 11, No. 2.
Fitriyatus Sholichah, L., & Mardikaningsih, R. (2024). Analisis Pengaruh Promosi Digital, Citra Merek, dan Keberagaman Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Sandal dan Sepatu Di Kepuh Kiriman Waru. Jurnal Investasi Islam, 5(1).
Haris, A. (2020). Analisis Pengaruh Promosi Digital dan Kualitas Layanan Aplikasi Go-Food Terhadap Keputusan Pembelian Makanan. Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 05(1), 2261–2274.
Hardianawati. (2022). Marketing Strategy Throught Celebrity Endorsements and Influencer Marketing. Jurnal Multidisiplin Mandani (Mudima), Vol. 2, No. 2.
Ilahi, A. A. A. (2023). Kewirausahaan.
Kutsiyyah, K. (2021). Analisis Fenomena Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi (Harapan Menuju Blended Learning). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4).
Mulyani, S., Y, Wibisono, T & Hikmah, B., A. (2022). Pemanfaatan Media Sosial TIKTOK Untuk Pemasaran Bisnis Digital Sebagai Media Promosi. Hospitality 291, Vol. 11, No. 1.
Mahmud, A. (2023). Analisis Pengaruh Promosi Digitan DAN Kualitas Layanan Aplikasi Go-Food Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, Vol 6 No 1.
Nasution, D. A., Batoebara, M. U., & Junaidi, J. (2022). Peran Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jual-Beli Online Pada Facebook. Jurnal Bisnis Corporate, 6(2).
Putri Nida, S., A., D & Prianthara, T., I.B. (2022). Analysis of Digital Marketing Strategy and Consumer Engagement in Digital Media. International Journal of Business Management and Economic Review, Vol. 5, No. 04.
Rahmawati, Setiawan, E. A., & Muinah Fadhilah. (2023). Strategis Promosi Digital Marketing Pada Distributor Keramik Di Yogyakarta. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 2(4), 287–292.
Rahayu, C., O., R & Mulyaningsing, D., H. (2021). Pengaruh Content Marketing dan Dukungan Influencer Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Fashion. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, Vol. 1, No. 2.
Satria, R., Hasmawaty, A, R. 2021. Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awarness terhadap Penjualan Produk Kartu AS Telkomsel Cabang Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM , Vol. 2, No. 3.
Sihombing, S, N., Pardede, E., Sihombing, A., & Dewantara, N. (2022). Pemasaran Digital.
Sovania, E & Vildayanti, A., R. (2021). Pengaruh Pesan Iklan Digital Terhadap Minat Download Aplikasi Mobile (Stydi Kasus Produk STARTUP Aplikasi Video Telpon). Jimek: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, Vol. 4, No. 2.
Setiawan, B., W & Dewi, S., L. (2023). Pengembangan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia di Era Digital Marketing Menuju 5.0 dengan Memanfaatkan Platfrom Media Sosial Pada UMKM di Desa Sukasukur Kecamatan Cisayong. Jurnal Umum Pengabdian Masyarakat JUPEMAS.
Utami, A., G & Nawawi, M., Z. (2022). Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Jaringan Pasar. Journal Economy And Currency Study (JECS), Vol. 4.
Yulifita, A., Fakho, N., R & Shella. (2024). Modul Bisnis Digital: Pemasaran Digital, Branding, & Promosi.
Wahyudi, W., Mukrodi, M., Sugiarti, E., Marayasa, I. N., & Mawardi, S. (2022). MENGENAL PEMASARAN DIGITAL DAN MARKET PLACE: Solusi Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1).