Peran Calistung Dalam Stimulasi Kognitif Pada Anak Memerlukan Perlindungan Khusus Di Sentra Wirajaya Makassar
Main Article Content
Faradillah Firdaus
Putri Dewi Ananda Arifin M.Nr
Putri Alvina Tarilsa
Andi Zanirah Regina Mandawana
Nur Sadrina Amanda Mulyadi
Penelitian ini didasari oleh keterbatasan akses pendidikan pada anak-anak dari keluarga miskin dan kelompok rentan, serta pentingnya dukungan pendidikan melalui rehabilitasi sosial seperti yang dilakukan di Sentra Wirajaya Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian berjumlah dua orang AMPK yang belum oernah mengenyam pendidikan formal. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara dengan pendamping sosial (Pensos), serta dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran program CALISTUNG (membaca, menulis, dan berhitung) dalam menstimulasi kemampuan kognitif Anak Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK) di Sentra Wirajaya Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CALISTUNG memiliki kontribusi signifikan dalam meningkatkan aspek kognitif anak, terutama dalam hal pengenalan huruf, angka, serta kemampuan dasar membaca dan menulis. Program ini juga membantu meningkatkan kepercayaan diri anak dan keterampilan sosial dasar.
Anas, A. Y., Riana, A. W., & Apsari, N. C. (2015). Desa Dan Kota Dalam Potret Pendidikan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 301–444. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.13592
Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan. Presentase Penduduk Miskin September 2024 Turun Menjadi 77,7 Persen. Persentase Penduduk Miskin September 2024 turun menjadi 7,77 persen - Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan
Irfan, M. (2023). Dampak Kemiskinan terhadap Pendidikan Anak di Indonesia. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/muhammadirfan5596/6544a76f110fce4e0e38df92/dampak-kemiskinan-terhadap-Pendidikan-anak-di-indonesia
Kementerian Sosial RI. (2025). Sentra Wirajaya di Makassar. Kementerian Sosial Republik Indonesia. https://kemensos.go.id/profil-satker/Sentra-Wirajaya-di-Makassar
Anas, A. Y., Riana, A. W., & Apsari, N. C. (2015). Desa Dan Kota Dalam Potret Pendidikan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 301–444. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.13592
Kurniawati, D. C., Kurniawati, P., Agustino, D. A., & Aprisco, H. (2023). Program Bimbingan Belajar Calistung (Membaca, Menu-lis, Berhitung) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak-Anak di Desa Dorogowok. Jurnal Pengabdian Indonesia, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.47134/jpi.v1i1.2086
Kusuma, A. W., & Sari, C. K. (2023). Penerapan Model Belajar Calistung untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v5i1.22936
Mardiah, F., Islami, J., Irawan, M. F., & Pratama, I. N. (2024). Meninjau Dampak Kemiskinan Yang Terjadi Terhadap Masyarakat Kabupaten Dompu. 13.
Munirah. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia antara Keinginan dan Realita. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2(2), 233–245.
Wulansuci, G. (2021). Stres Akademik Anak Usia Dini: Pembelajaran CALISTUNG vs. Tuntutan Kinerja Guru. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(2), 79–86. https://doi.org/10.14421/jga.2021.62-03
Wulansuci, G., & Kurniati, E. (2019). Pembelajaran Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) dengan Resiko Terjadinya Stress Akademik pada Anak Usia Dini. Jurnal Tunas SIliwangi, 5(1), 38–44.