Analisis Pelaksanaan PPDB Berdasarkan Perwali Payakumbuh No. 18 Tahun 2021
Main Article Content
Helvina Rahma Putri
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Payakumbuh berdasarkan Peraturan Wali Kota Payakumbuh Nomor 18 Tahun 2021. Fokus penelitian adalah untuk menilai sejauh mana implementasi kebijakan tersebut berjalan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pelaksanaan PPDB. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif melalui analisis dokumen, observasi lapangan, dan wawancara dengan berbagai pihak terkait, seperti kepala sekolah, panitia PPDB, orang tua siswa, dan dinas pendidikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan PPDB sudah mengikuti prinsip dasar seperti sistem zonasi, jalur afirmasi, jalur prestasi, dan jalur perpindahan tugas orang tua, meskipun ditemukan beberapa kendala teknis dan sosial di lapangan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan sistem informasi, sosialisasi yang lebih masif, serta penguatan mekanisme pengawasan untuk memastikan pelaksanaan PPDB yang lebih adil, transparan, dan akuntabel di masa mendatang.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indoneia. (2020). Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2020. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Jakarta: Kemendikbudristek.
Peraturan Wali Kota Payakumbuh. (2021). Peraturan Wali Kota Payakumbuh Nomor 18 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Payakumbuh: Pemerintah Kota Payakumbuh.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sagala, S. (2010). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.