Perspektif Guru Terhadap Program Makan Bergizi Dalam Meningkatkan Kualitas Warga Negara
Main Article Content
M. Nur Arifin
Muhamat Rifa’i
Hidayat Dyta Pratama
Penelitian ini mengeksplorasi perspektif guru terhadap Program Makan Bergizi dalam meningkatkan kualitas warga negara. Melalui pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap 10 guru, penelitian ini mengungkap kontribusi program terhadap pembentukan karakter, peningkatan kognitif, dan penanaman nilai-nilai kewarganegaraan. Penelitian ini juga menyoroti tantangan implementasi seperti keterbatasan anggaran dan logistik, serta solusi yang diusulkan. Program Makan Bergizi dinilai berdampak positif terhadap perilaku dan kinerja siswa, serta berpotensi diintegrasikan dengan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan peran penting program ini dalam membentuk generasi muda yang sehat, cerdas, dan berkarakter.
Abd Rahman BP, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, & Yumriani. (2022). PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN DAN UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 8.
Muhammad Zaini, Nanda Saputra, Karimuddin Abdullah Lawang, & Adi Susilo. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Natalia Desiani, A. S. (2025). EFEKTIVITAS PROGRAM MAKAN GRATIS PADA STATUS GIZI SISWA SEKOLAH DASAR: TINJAUAN SISTEMATIS. MALAHAYATI NURSING JOURNAL, 48.
Adriani, M., & Wirjatmadi, B. (2022). Pengantar Gizi Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Adrianto, K. (2024). "Dampak Program Gizi Sekolah terhadap Kehadiran dan Prestasi Akademik". Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 12(3), 78-92.
Almatsier, S. (2021). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Aritonang, E. (2023). "Analisis Pembiayaan Program Gizi di Sekolah Dasar". Jurnal Ekonomi Pendidikan, 8(2), 112-125.
Budimansyah, D. (2023). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Internasional. Bandung: Widya Aksara Press.
Hardinsyah. (2022). "Gizi dan Kecerdasan Anak Sekolah". Jurnal Gizi dan Pangan, 17(2), 45-57.
Jalal, F. (2023). "Investasi Gizi untuk Pembangunan SDM Indonesia". Jurnal Pembangunan Manusia, 9(1), 34-48.
Judarwanto, W. (2023). "Pendekatan Lintas Sektoral dalam Program Gizi Sekolah". Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(4), 145-156.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Pedoman Pelaksanaan Program Makan Bergizi di Sekolah. Jakarta: Kemendikbudristek.
Khomsan, A. (2023). "Edukasi Gizi dan Perubahan Perilaku Makan Anak Sekolah". Jurnal Media Gizi Indonesia, 18(2), 97-109.
Muchtadi, D. (2022). "Intervensi Gizi di Sekolah dan Dampaknya terhadap Perilaku Belajar". Jurnal Pendidikan Kesehatan, 7(3), 67-81.
Muhilal, & Damayanti, D. (2023). Gizi Seimbang untuk Anak Sekolah Dasar. Jakarta: PT Gramedia.
Purwanti, S., & Wirajaya, T. (2024). "Implementasi Program Makan Bergizi terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar". Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 45-59.
Sanjaya, W. (2021). "Nutrisi dan Pembentukan Karakter Generasi Unggul". Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 23-35.
Soekirman. (2021). Ilmu Gizi dan Aplikasinya. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Unicef Indonesia. (2024). Laporan Status Gizi Anak Indonesia 2023-2024. Jakarta: Unicef Indonesia.
Wahab, A.A. (2023). "Pendekatan Partisipatif dalam Program Sekolah untuk Pengembangan Karakter". Jurnal Civics, 10(2), 67-79.
WHO. (2023). School Nutrition Programs: Guidelines and Best Practices. Geneva: World Health Organization.
Widyastuti, P., & Hardinsyah. (2022). "Dampak Program Gizi Sekolah terhadap Status Kesehatan dan Prestasi Akademik". Jurnal Gizi Indonesia, 11(1), 12-25.
Winataputra, U.S. (2022). "Pendidikan Kewarganegaraan: Antara Teori dan Praktik". Jurnal Civics, 9(1), 1-14.