Penguatan Profesionalisme Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Melalui Perumusan Perda Di Kota Padang Panjang
Main Article Content
Hafiz Muhamad Akbar
Dalam penguatan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan menerapkan implementasi Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2022 di Kota Padang Panjang, dengan fokus pada konsep, tahapan, dan dampaknya di lapangan. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini memperoleh pendapat dari Ibu Maulida Armayulita, S.H., sebagai seorang ahli dalam perancangan peraturan perundang-undangan, untuk memahami lebih dalam proses legislasi dan implementasi regulasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembuatan peraturan daerah ini melibatkan tahapan yang panjang dan kompleks, dimulai dari identifikasi isu publik, penyusunan agenda, perolehan legitimasi politik, pembuatan kebijakan, negosiasi dengan DPRD, hingga persetujuan kepala daerah dan tahap implementasi. Struktur pada artikel ini menggarisbawahi bahwa keberhasilan penguatan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan sangat dipengaruhi oleh kesesuaian perumusan regulasi dengan kebutuhan lapangan serta konsistensi dalam pelaksanaannya. Keberlanjutan dan efektivitas regulasi ini bergantung pada sejauh mana implementasi tersebut diterjemahkan dalam praktik pendidikan yang sesuai dengan tujuan peningkatan kualitas pendidikan di daerah tersebut.
Amri, S., & Abdullah, M. (2021). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Pengembangan Berbasis Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(1), 56–63.
Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang. (2021). Laporan Kinerja Pendidikan Tahun 2021. Padang Panjang: Dinas Pendidikan.
Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang. (2022). Laporan Tahunan Penguatan SDM Pendidikan. Padang Panjang: Disdik.
Fauzi, R., & Zulkarnaen, H. (2021). Sinkronisasi Kebijakan Pendidikan Nasional dan Daerah dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Pendidikan, 9(2), 112–125.
Ismail, M., & Sawaludin, S. (2023). Implementasi Program Sabtu Budaya. Jurnal Profesi Pendidikan.
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah.
Pemerintah Kota Padang Panjang. (2022). Peraturan Daerah Kota Padang Panjang Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pendidikan.
Solikhulhadi, M. F. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru untuk Meningkatkan Mutu. Jurnal Madinasika.
Syamsul, A. (2023). Evaluasi Implikasi Kebijakan Pendidikan Daerah. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 117–129.
Wulandari, F., & Ramadhani, R. (2022). Implementasi Kebijakan Pendidikan Daerah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 29(2), 101–110.