Analisis Media Vidio Animasi Terhadap Partisipasi Aktif Siswa Pada Pembelajaran Pancasila Di SDN 2 Tulungagung
Main Article Content
Ade Ayu Maharani
Naila Cahaya Putri Rahmadani
Zaid Salman Renca
Penelitian ini menganalisis penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa kelas IV SDN 2 Tulungagung pada mata pelajarann pendidikan pancasila. Pembelajaran pancasila di sekolah dasar menghadapi tantangan berupa materi yang cenderung abstrak dan konseptual, sehingga memerlukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Pembelajaran pancasila di sekolah dasar memiliki peran cetral dalam membentuk karakter siswa menjadi warga negara yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media vidio aimasi terhadap partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran pan casila di SDN 2 Tulunagung. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini yang melibatkan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media vidio animasi mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab, berdiskusi, serta natusiasme selama proses belajar. Keunggalan vidio animasi terletak pada penyajian visual dan narasi yang menarik sehingga memudahkan siswa memahami konsep-konsep nilai pancasila yang abstrak. Selain itu, media ini mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, mendorong interaksi, dan membangun rasa percaya diri. Dampak positif media vidio animasi tidak hanya pada aspek kognitif, tetapi juga pada ranah afektif yaitu meningkatkan minat, empati, dan internalisasi nilai-niai pancasila dalam kehidapan sehari-hari. Dengan demikian vidio animasi merupakan media pembelajran yang efektif dan layak diterapkan untuk meningkatkan kualitas dan partisipasi aktf siswa dalam pebelajaran pancasila di sekolah dasar.
Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905
Balqis, Y., & Raksun, A. (2024). Implementasi Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Suela Lombok Timur Pada Konsep Replikasi Virus.
Eldiva, F. T., & Winata, I. F. (2025). Pengaruh Media Vidio Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 9(2021), 2878–2882.
Irawan, T., Dahlan, T., & Fitrianisah, F. (2023). Analisis Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 212–225. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.738
Istiqomah, I. A., & Rondli, W. S. (2024). Analisis Penggunaan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar. 8, 29450–29455.
Jennah, R. (2020). Pengembangan Media Vidio Pembelajaran. In Mustaji (Ed.), K-Media (Vol. 9, Issue 1). K-Media.
Kadek, N., Dewi, K., Wayan, A. I., Yuda, I., & Simamora, H. (2024). Inovasi Media Pembelajaran : Video Pembelajaran Berbasis Animasi Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. 4(2), 149–157.
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Panggabean, S. (2021). Konsep Student Center Learning dan Teacher Center Learning. In Sistem Student Center Learning dan Teacher Center Learning.
Pasampuri, T., Syarifnur, & Jusman. (2024). Pengenalan Media Pembelajaran Berbasis Vidio Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi belajar Siswa di SDN 110 Lura. Scientific of Mandalika, 24(7), 496–501.
Riyanti, A., Agus, E., Sugito, E., Murthada, & Lapasau, M. (2024). PENGUASAAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI: PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFIORMASI DAN KOMUNIKASI. Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 3513–3520.
Rochaedi, Endi, Fuadi, A., & Sholihah, Alin, D. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN. In E. Rochaedi (Ed.), ITERA Press (Vol. 7, Issue 2). ITERA Press.
Sa’diyah, Z., Yulia, N. M., & Lu, K. (2024). Pengembangan Video Animasi Berbasis Storytelling untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. 2(1), 209–215.