Perancangan Board Game Ragam Pengetahuan Tradisional Minangkabau Di Kota Padangpanjang
Main Article Content
Salsabila
Roza Muliati
Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berbentuk board game berjudul JEMARI: Jelajah Makanan dan Ramuan Minangkabau sebagai sarana pengenalan pengetahuan tradisional khas Padangpanjang kepada anak usia 10-11 tahun. Perancangan dilakukan melalui tahapan studi literatur, observasi, wawancara, analisis kebutuhan, hingga visualisasi desain elemen permainan seperti papan, kartu, pion, dan puzzle. Board game ini dirancang untuk mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sesuai dengan teori Taksonomi Bloom, serta dikemas dengan pendekatan visual yang menarik, bahasa yang komunikatif, dan narasi berbasis budaya. Hasil perancangan menunjukkan bahwa JEMARI dapat menjadi media pembelajaran alternatif yang menyenangkan dan efektif dalam menanamkan nilai-nilai budaya lokal kepada anak-anak sekolah dasar, sekaligus mendorong pelestarian warisan pengetahuan tradisional Minangkabau.
Fadli, M., Muliati, R., & Erwin, M. S. (2025). Perancangan board game sebagai media edukasi pengenalan kuliner khas Riau untuk anak-anak. Menulis: Jurnal Penelitian Desain Komunikasi Visual, 5(1). https://padangjurnal.web.id/index.php/menulis/article/view/45
Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Maryanti, E., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan media board games berbasis permainan tradisional egrang batok untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1540–1551. https://www.neliti.com/publications/452064
Meidaluna, G., & Anggapuspa, M. L. (2020). Perancangan board game pengenalan tari tradisional Indonesia sebagai media pembelajaran sekolah dasar kelas 5. BARIK: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 7(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/35989
Nugrahani, R. (2021). Desain board game "Dolanan Yuk" sebagai media pengenalan permainan tradisional. Deskomvis: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 3(2). https://jurnal.asprodidkv.org/index.php/deskomvis/article/view/23
Prasetyo, M. E., & Roderico, B. (2024). Perancangan desain board game pengenalan budaya wayang Punakawan Yogyakarta untuk anak. Gestalt: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 6(1). https://gestalt.upnjatim.ac.id/index.php/gestalt/article/view/192
Purwandari, A. P. B. (2024). Perancangan ilustrasi board game “Oemah Batik” sebagai media pengenalan motif batik Pekalongan kepada anak-anak. Universitas Sebelas Maret. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/124149/
Rachmawati, L. (2021). Integrasi Taksonomi Bloom dalam media pembelajaran inovatif untuk anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 15–28. https://doi.org/10.1234/jpd.v12i1.1234
Sari, R. M. (2023). Efektivitas board game Ranah Minang sebagai media edukasi melalui Focus Group Discussion (FGD). Urban: Jurnal Seni Urban dan Industri Budaya. https://jurbalurban.pascasarjanaikj.ac.id/index.php/jurnalurban/article/download/99/96
Sesspani, A. (2025). Perancangan board game edukatif tentang budaya Melayu Riau untuk anak usia 10–12 tahun. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(1). https://journal.pubmedia.id/index.php/dkv/article/view/4466
Wulandari, M., Sari, S. A., & Saputra, R. D. (2023). Gerakan peningkatan pengetahuan budaya berbasis permainan board game bagi anak sekolah dasar di Rumah Belajar Bintang Kecil Kota Samarinda. BERNAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2). https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/6740
Yanto, A. (2019). Efektivitas metode learning by playing terhadap retensi pengetahuan budaya pada anak. Jurnal Pendidikan dan Budaya, 23(2), 101–112. https://doi.org/10.5678/jpb.v23i2.567