Perancangan Kemasan Primer Lipstik Dengan Eksplorasi Material Limbah Kerang Berbasis Sustainable Design
Main Article Content
Marchelia Indriyanti Hutapea
Ferry Fernando
Industri kosmetik global menghadapi tantangan serius terkait dengan dampak lingkungan yang dihasilkan oleh kemasan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk merancang kemasan lipstik primer berdasarkan prinsip desain berkelanjutan dengan mengeksplorasi alternatif bahan limbah cangkang sebagai solusi inovatif untuk mengurangi jejak sampah plastik di industri kecantikan. Target pengguna penelitian ini adalah penggemar kecantikan dari generasi milenial dengan latar belakang ekonomi kelas menengah ke atas yang memiliki kesadaran tinggi terhadap masalah lingkungan. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan eksplorasi dengan teknik eksperimental untuk mengembangkan komposit cangkang yang dicampur dengan resin ramah lingkungan dan komponen PLA (Polylactic Acid) tambahan sebagai bahan ramah lingkungan. Proses desain melibatkan analisis pengguna target melalui moodboard dan pengujian prototipe untuk memastikan fungsionalitas dan estetika produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan komposit limbah cangkang mampu menciptakan kemasan lipstik dengan karakteristik ramah lingkungan yang menampilkan biodegradabilitas tinggi—mudah terurai, tidak seperti bahan plastik—dengan tetap mempertahankan aspek kemewahan dan eksklusivitas yang diinginkan oleh target pengguna. Desain kemasan mengintegrasikan prinsip minimalis dengan tekstur cangkang alami, menciptakan pengalaman emosional bagi konsumen yang sadar lingkungan. Inovasi ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan desain berkelanjutan di industri kosmetik, khususnya dalam memanfaatkan limbah cangkang Gonggong sebagai bahan alternatif yang bernilai ekonomi yang berasal dari alam.
Adler, P. A., & Adler, P. (1987). Membership Roles in Field Research. Newbury Park: Sage Publication.
Bejo, L. (2017). Operational vs. Embodied Energy: a Case for Wood Construction.
Buscemi, C. (2019). Millennial pink: gender, feminism and marketing. A critical analysis of a color trend. ResearchGate.
Deloitte Touche Tohmatsu Limited. (2024, Oktober 3). Diambil kembali dari 2024 Gen Z and Milenial Survey: Living and working with purpose in a transforming world: https://www.deloitte.com/global/en/issues/work/content/genz- milenialsurvey.html
Kapferer, J.-N., & Bastien, V. (2012). The luxury strategy: Break the rules of marketing to build luxury brands (2nd ed.). London; Philadelphia; New Delhi: Kogan Page.
Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2025). Data Statistik Produksi Perikanan Tangkap Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Kepulauan Riau. Laporan Tahunan KKP.
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2024, Febuari 3). Diambil kembali dari Hasilkan Produk Berdaya Saing Global, Industri Kosmetik Nasional Mampu Tembus Pasar Ekspor dan Turut Mendukung Penguatan Blue Economy: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5626/hasilkan-produk- berdaya-saing-global-industri-kosmetik-nasional-mampu-tembus- pasar-ekspor-dan-turut-mendukung-penguatan-blue-economy,
NCSU Ergonomics Center. (2016). Diambil kembali dari Anthropometric Detailed Data Tables: https://multisite.eos.ncsu.edu/www-ergocenter-ncsu-edu/wp- content/uploads/sites/18/2016/06/Anthropometric-Detailed-Data- Tables.pdf
Robertson, G. L. (2010). Food Packaging and Shelf Life: A Practical Guide. Boca Raton: CRC Press.
Statista Research Department. (2024, Desember 13). Diambil kembali dari Revenue of the cosmetics for the lips market in Indonesia from 2020 to 2029: https://www.statista.com/forecasts/1220942/indonesia-revenue-lip- cosmetics-market
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tulving, E., & Thomson, D. M. (1973). Encoding specificity and retrieval processes in episodic memory. Psychological Review.
UN Environment Programme. (2021, Oktober 21). Diambil kembali dari From Pollution to Solution: https://www.unep.org/interactives/pollution-to-solution/?lang=EN
Wood, J. T. (2013). Communication in Our Lives (6th ed.). Boston: Wadsworth Cengage Learning.