Perancangan Media Promosi Band De Train To Jupiter Sebagai Upaya Eksistensi Band Lokal Asal Sumatera Barat
Main Article Content
Naufal Hafidz Ihsan
Yoni Sudiani
Anin Ditto
De Train To Jupiter adalah band yang lahir membawakan aliran Garage Rock, dan lahir di kota Padang, Sumatera Barat. Banyak sekali band lokal yang produktif, tetapi mereka belum memiliki nama yang cukup besar ditengah para peminat musik sehingga nama dan keberadaannya hanya diketahui oleh beberapa orang saja, salah satunya band De Train To Jupiter belum banyak diketahui oleh para pendengar musik di Sumatera Barat, karena band ini masih dikategorikan sebagai band yang membutuhkan sebuah media promosi yang sesuai dengan konsep desain yang telah dibangun oleh De Train To Jupiter. Tujuan penciptaan skripsi karya ini agar meningkatkan eksistensi pada band De Train To Jupiter sehingga masyarakat dapat mengetahui band lokal yang ada di Sumatera Barat. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, survei, studi pustaka dan dokumentasi. Metode perancangan yaitu menggunakan pendekatan S.W.O.T untuk memahami kekuatan dan kelemahan internal guna merancang strategi promosi yang lebih efektif, serta AIDCA yang menarik perhatian, membangkitkan minat, menumbuhkan keinginan, serta mendorong tindakan sehingga promosi dapat mempengaruhi audiens. Hasil perancangan karya berupa audio visual mini documenter mengenai perjalanan band dan juga terdapat live session dengan bauran media zine, poster, compact disc dan box set.
Anggraini, Lia dan Kirana Nathalia. 2014. Desain Komunikasi Visual; Dasar- Dasar Panduan Untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia.
Arief Adityawan & Tim Litbang Concept, 2010, Tinjauan Desain Grafis. 274. Jakarta: PT Concept Media.
Arifin, Zaenal dan Amron Tasai. 2000. Cermat Berbahasa Indonesia: Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Presindo.
Blush, S. 2001. American Hardcore: A Tribal History (First). Washington: Feral House.
Boyd, Walker, dan Larreche. 2000. Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategi Dengan Orientasi Global, Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
F Osborn, Alex. 1948. Your Creative Power: How To Use Imagination. University of Virginia. New York: Charles Scribner’s Sons.
Hall, Stuart. 2016. Cultural Studies 1983: A Theoretical History. Amerika Serikat: Duke University Press.
Kamandanu, Arya dkk. 2022. Proses Penciptaan Seni Rupa dan Desain. Jawa Tengah: YLGI.
Kania, Nia, Kurniawati. 2014. Komunikasi Antarpribadi : Konsep Dan Teori Dasar. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Manajemen Pemasaran (Edisi ke-15, Terj. Bob Sabran). Jakarta: Erlangga.
Kotler, Phillips. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Krasner, Jon. 2008. Motion Graphic Design: Applied History & Aestethic. London: Focal Press.
Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Liliweri, Dr. Ali, Ms. 2003. Dasar Dasar Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mark, Todd. 2006. Whatcha mean, what's a zine?: the art of making zines and minicomics. Published: Boston, Massachusetts: Graphia, an imprint of Houghton Mifflin Company. Boston: Graphia.
Marshal, A. 1964. Identitas musik dalam indie label studi kasus band white shoes and the couples oleh studi kasus band white shoes and the couples. Yogyakarta: FSP ISI Yogyakarta.
Mcluhan, Marshal. 1964. Understanding Media: The Extensions Of Man. New York: McGraw-Hill.
Mulyana, Deddy. 2001. Prinsip Dasar Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Purwanto, E., H, D. D., & Muljosumarto, C. 2016. Perancangan Video Dokumenter “Sarang Burung Walet: Daya dan Khasiat” Untuk Pembudidayaan Burung Walet. Surabaya: Universitas Kristen Petra.
Rohidi, R, Tjetjep. 1984. Lintasan Peristiwa Dan Tokoh Seni Rupa. Indonesia. Semarang: IKIP Semarang Press.
Rustan, Surianto S. Sn. 2009. Layout, Dasar & Penerapannya. Edisi Baru. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rustan, Surianto.2011. Huruf Font Tipografi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rustan. 2019. Warna. Banten: Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisakti.
Sihombing, Danton. 2003. Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.
Suyanto. 2005. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Media.
Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayal Media Massa. Jakarta: Rajawali.
Terence A. Shimp. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Terjemahan. Jakarta: Erlangga.
Wallach, J. 2008. Modern noise, fluid genres: popular music in Indonesia, 1997–2001. Amerika Serikat: Univ of Wisconsin Press.
Yoder, Wise. 2003. The Power Of Storytelling. United States: Texas Tech University Health Sciences Center School of Nursing.