Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Pelanggaran Hak Cipta Dan Pembajakan Dalam Industri Komik
Main Article Content
Robin Batara
Yoni Sudiani
Maraknya pelanggaran hak cipta dan pembajakan komik di Indonesia telah menjadi tantangan serius bagi para kreator dan industri kreatif. Fenomena ini, terutama pada komik digital maupun fisik, tindakan semacam ini telah benar-benar mempengaruhi penerimaan royalti yang seharusnya diterima para kreator. Melihat kondisi tersebut, perancangan kampanye sosial menjadi solusi strategis untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap dampak buruk pembajakan komik.
Kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat, khususnya pembaca usia 15–25 tahun, untuk mendukung karya legal dan menghormati hak cipta. Dengan pendekatan verbal yang persuasif serta visual yang menarik, kampanye ini dirancang untuk menyentuh sisi emosional audiens sekaligus memberikan informasi edukatif. Metode kampanye yang digunakan adalah persuasif dan edukatif.
Hasil dari perancangan ini meliputi berbagai media kampanye, seperti komik, wawancara (podcast), postingan media sosial dan poster, . Kampanye ini sedikit banyak menunjukkan efektivitas dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menghargai hak cipta dampak dari pembajakan konten. Dengan penyampaian yang komunikatif dan relevan, kampanye ini sedikit banyak bisa memberikan kontribusi signifikan dalam membangun budaya menghargai hak cipta di Indonesia.
Buku:
Antar, Venus. 2004. Manajemen kampanye : panduang teoritis dan praktis dalam mengefektifkan kampanye komunikasi. Bandung : Simbiosis Rekatama Media.
Fotus, Adiloglu. 2011. Visual communication: Design studio education through working the process. London: Elsevier
Landa, Robin. 2014. Graphic design solutions 5th Edition. Massachusetts: Wadsworth Publishing Company.
Snyder, Leslie B. 2002. Development Communication Campaigns, dalam: Gudykunst, William B. dan Bella Mody (eds). 2002. Handbook of International and Intercultural Communication. California: Sage.
Sutiah. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sidoarjo: Nizamia Learning Center
Jurnal dan Website:
BPK RI. 2014. UU No. 28 Tahun 2014. Dalam https://peraturan.bpk.go.id/Details/38690 diakses 16 September 2024
Ensiklopedia Dunia. 2011. Scanlation. Stekom. Dalam https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Scanlation, diakses 16 September 2024
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). 2024. Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). KBBI. Dalam https://kbbi.web.id/, diakses 16 September 2024
Steven, Rick. dan Bell, Christopher. 2012. “Do Fans Own Digital Comic Books? Examining the Copyright and Intellectual Property Attitudes of Comic Book Fans,”. International Journal of Communication 6. Dalam https://www.researchgate.net/publication/289369635_Do_fans_own_digital_comic_books_Examining_the_copyright_ and_intellectual_property_attitudes_of_comic_book_fans, diakses 16 September 2024
Tanaka, Tatsuo. 2019. The Effects of Internet Book Piracy: Case of Comics. Ideas. Dalam https://ideas.repec.org/p/keo/dpaper/2019-016.html
Webtoon. 2024. Webtoon Investor Relation. Webtoon. Dalam https://ir.webtoon.com/, diakses 20 September 2024
Wipo Magazines. 2011. The Manga Phenomenon. WIPO. Dalam https://www.wipo.int/en/web/wipo-magazine/articles/the- manga-phenomenon-37847, diakses pada 16 September 2024