Efektivitas Penggunaan Model Project Based Learning (PJBL) Berbasis Stem Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Sistem Reproduksi Di SMA Negeri Balung Jember Tahun Ajaran 2024/2025
Main Article Content
Firda Ayu Rahmawati
Risma Nurlim
Aktivitas belajar yang masih memanfaatkan model pembelajaran yang pasif dipercaya menjadi penyebab rendahnya kemampuan memecahkan masalah siswa. Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat dijadikan sebagai sebuah solusi dengan menyediaan kegiatan belajar siswa yang aktif, kolaboratif, mengatasi masalah, dan terstuktur. Kombinasi antara PjBL berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematics) diyakini dapat menciptakan kegiatan belajar menjadi lebih optimal. Adapun penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PjBL berbasis STEM terhadap kemampuan memecahkan masalah 2) Untuk mengetahui Efektivitas model pembelajaran PjBL berbasis STEM terhadap kemampuan memecahkan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Adapun design penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive Sampling dari dua kelas yang berjumlah 72 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perlakuan pembelajaran berbasis STEM terhadap kemampuan memecahkan masalah didapatkan nilai posttest dengan skor rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan signifikan hasil uji T-test sebesar 0,002 < 0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya posttest hasil belajar memiliki signifikansi. Hal ini menunjukkan bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil kemampuan memecahkan akhir (Posttest) siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. 2) Perlakuan pembelajaran berbasis STEM terhadap kemampuan memecahkan masalah didapatkan nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 64,33 dengan kategori cukup tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 54,29 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Project Based Learning berbasis STEM cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa.
Adinia, Rosyida, Suratno Suratno, dan Mochammad Iqbal, ‘Efektivitas Pembelajaran Aktif Berbantuan Lkpd Problem Solving Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa Di Sekolah Kawasan Perkebunan Kopi’, Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3.2 (2022), pp. 64–75, doi:10.26740/jipb.v3n2.p64-75
Agus Sudjimat, Dwi, Amat Nyoto, dan Maftuchin Romlie, Interdisciplinary Project Based Learning, Pertama (Media Nusa Creative, 2020)
Ariandi, Yuli, ‘BERDASARKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MODEL’, 1996, 2014, pp. 579–85
Asri, Yoana Nurul, Desta Sulaesih Mursyidah, dan Vini Rizqi, Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Konsep Dasar & Praktik Dalam Pembelajaran, 2021
Astuti, Ines Dwi, Lia Yulisma, Prodi Pendidikan Biologi, Prodi Pendidikan Biologi, Prodi Pendidikan Biologi, Penguasaan Konsep Siswa, and others, ‘MODEL PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN’, 11 (2019), doi:10.25134/quagga.v11i2.1915.Received
Bisri, Hasim, Dedi Supriawan, dan Tatang Permana, ‘Penerapan Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran Kelistrikan’, Journal of Mechanical Engineering Education, 3.1 (2016), p. 73, doi:10.17509/jmee.v3i1.3196
Budianti, Dewi Arum, Fenny Roshayanti, Muhammad Syaipul Hayat, and Muhammad Azmi Syafiq, ‘Profil Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik MA Darul Muqorrobin Pada Pembelajaran Biologi’, Jurnal Kualita Pendidikan, 3.1 (2022), pp. 38–45, doi:10.51651/jkp.v3i1.153
Cahyono, Budi, ‘Korelasi Pemecahan Masalah Dan Indikator Berfikir Kritis’, Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 5.1 (2016), pp. 15–24, doi:10.21580/phen.2015.5.1.87
Fatmawati, Agustina, ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X’, EduSains, 4(2) (2016), pp. 94–103
Fitri, Anisa, Rani Rahim, Nurhayati, Aziz, Sadrack Luden Pagiling, Irnawaty Natsir, and others, Dasar-Dasar Statistika Untuk Penelitian, Yayasan Kita Menulis, 2023
Ize, Ulfa, ‘Efektivitas Pembelajaran Terintegrasi Islamic-Science Environment Technology Society (I-Sets) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas Xi Mipa Di Man 2 Jember’, 2023, pp. 1–375
Jacoba Kapoh, Ruty, and Mochamad Arief Komarudin, RAGAM METODE PEMBELAJARAN, ed. by Andriyanto, Pertama (Penerbit Lakeisha, 2023)
Khairani, Mukhni, and Faizah Qurrata Aini, ‘Pembelajaran Berbasis Stem Dalam Perkuliahan Kalkulus Di Perguruan Tinggi’, Ujmes, 3.2 (2018), pp. 104–11
Khairiyah, Nida’ul, Pendekatan Science, Technology, Engineering Dan Mathematics (STEM) (SPASI MEDIA, 2019)
Kurikulum, Pusat, dan D A N Perbukuan, Biologi Kelas11 Suaha Bakhtiar Semester 2
Mardiana, Ainun, Nur Rezky Asman, and Bahri Bahri, ‘Perencanaan Pembelajaran Dengan Pemilihan Model Pembelajaran Project Based Learning , Inquiry Based Learning Dan Metode Pembelajaran Ceramah Dan Diskusi Pada Kurikulum Merdeka’, 4, 2024
Muslim, Siska Ryane, ‘Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik SMA’, SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1.2 (2017), pp. 88–95, doi:10.35706/sjme.v1i2.756
Muttaqiin, Arief, ‘Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21’, Jurnal Pendidikan Mipa, 13.1 (2023), pp. 34–45, doi:10.37630/jpm.v13i1.819
Nasution, Nanda Eska, Tri Harsono, Chairany Rizka, dan Ricky Almeda, ‘The Effect of Index Card Match Model on Students Learning Outcomes and Activity in Ecosystem Topic for Grade X SMA N 8 Medan’, Journal of Education and Practice, 8.33 (2017), pp. 68–74
Nisa, Farin zuhrotun, Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEM ( Science , Tehnology , Engineering , and Mathematics ) Terhadap Literasi Sains Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Ekosistem Kelas X Mipa Di SMAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022, 2022
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, 2013
Sumaji, ‘Implementasi Pendekatan STEM Dalam Pembelajaran Matematika’, Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Fkip, Universitas Muria Kudus, April, 2019, pp. 7–15
Sumaya, Aina, Ila Israwaty, and Nur Ilmi, ‘Penerapan Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Pinrang’, Pinisi Journal of Education, 1.2 (2021), pp. 217–23
Suryani, Karmila, Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics), Pertama (CV. Global Askara Pers, 2021)
Sutrisno, Sumin, Strategi Pembelajaran Berbasis Model-Model Pembelajaran (Penerbit Adab, 2023)
Widarwati, ‘Modul Pelatihan Guru Pembelajar’, 2016, p. 180
Winarni, Juniati, Siti Zubaidah, and Supriyono Koes H, ‘STEM : Apa, Mengapa Dan Bagaimana ?’, Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 2016, 976–84
Xu, Xinyan, ‘The Core Idea of Hypothesis Testing and Its Application in Examples’, Theoretical and Natural Science, 38.1 (2024), pp. 166–71, doi:10.54254/2753-8818/38/20240554