Perancangan Kampanye Sosial Meningkatkan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar di Kota Padang Panjang
Main Article Content
Atika Putri
Izan Qomarats
Muhammad Fadhil Indra
Di tingkat Sekolah Dasar, minat membaca siswa menjadi kunci dalam memahami pelajaran serta meningkatkan literasi mereka. Namun, kenyataannya bahwa minat membaca siswa Sekolah Dasar masih rendah. Permasalahan utama yang dihadapi adalah kurang motivasi mereka terhadap membaca. Berangkat dari permasalahan tersebut serta melihat fenomena yang terjadi dengan minimnya penyuluhan atau kegiatan sosial yang dapat mendorong minat baca. Oleh karena itu, merancang kampanye sosial menjadi langkah yang tepat untuk meningkatkan minat baca, khususnya di Kota Padang Panjang. Kampanye ini bertujuan untuk mengajak anak-anak Sekolah Dasar aktif meningkatkan minat baca melalui pendekatan langsung dengan cara yang lebih interaktif, menyenangkan, dan relevan dengan dunia anak-anak. Metode perancangan ini menggunakan analisis 5W+1H. Sedangkan, proses perancangan meliputi wawancara, observasi lapangan, riset, kuisioner offline, dan dokumentasi. Hasil dari perancangan ini berupa sosialisasi sebagai media utama dan juga maskot, audio visual, poster, X-Banner, akun media sosial Instagram, dan juga merchandise sebagai media pendukung. Kampanye sosial ini telah memberikan dampak yang signifikan dalam mendorong kesadaran tentang pentingnya membaca. Kampanye ini berhasil menarik perhatian tidak hanya para siswa sebagai target utama.
Kata Kunci: Kampanye Sosial, Minat Baca, Siswa Sekolah Dasar
Ardi, Yudha, 2013. Merancang Media Promosi Unik dan Menarik. Yogyakarta: PT. Bintang Pustaka Abadi. Gumelar, M (2011). Cara Membuat Komik. Jakarta barat: PT. Indeks.
Kusrianto, Adi (2010). Pengantar Tipografi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Nimmo, Dan. (2011). Komunikasi Politik - Komunikator, Pesan, dan Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ruslan, Rosady. (2007). Kampanye Public Relations. Jakarta: Raja Grafindo. Persada.
Wahyuningsih, Sri. (2015). Desain Komunikasi Visual . UTM Press: Madura.
Sumber Lain:
Alatas, S. S. (2020). Perancangan Motion Graphic Iklan Layanan Aplikasi Garuda Kasir sebagai Media Promosi di Sosial Media. Journal of Applied Multimedia and Networking (JAMN), 4.
Rafika Nurma, Maya Kartika Sari & Sri Lestari. 2020. Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Jurnal online. Vol. 2