Pengaruh Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Video Edukasi Untuk meningkatkan Pemahaman Tentang Bahaya Pernikahan Dini
Main Article Content
Ahmad Baehaqi
Bangun Yoga Wibowo
Alfiandy Warih Handoyo
Penelitian ini memiliki tujuan yakni mengetauui pengaruh bimbingan klasikal menggunakan media video edukasi untuk meningkatkan pemahaman tentang bahaya pernikahan dini pada kelas X di MAN 4 Tangerang. Penelitian ini dirancang dengan rancangan penelitian nonequevalent control group design,yang termasuk kedalam jenis penelitian quasi eksperimen. Didalam penelitian ini menggunakan 2 kelompok, yakni kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok ini diberikan pre-test dan post-test yang sama, namun dalam pemberian treatment terdapat perbedaan yakni pada kelompok eksperimen, treatment yang diberikan yakni dengan bimbingan klasikal menggunakan media video edukasi tentang bahaya pernikahan dini. Populasi yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 4 Tangerang. Dari populasi tersebut, sampel yang diambil adalah 62 orang siswa yang memiliki pemahaman bahaya pernikahan dininya rendah dan diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan angket kuisioner pemahaman bahaya pernikahan dini dengan menggunakan skala likert. Hasil nya yakni menunjukkan bahwa Bimbingan Klasikal dengan menggunakan media video edukasi berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman siswa teerhadap bahaya pernikahan dini dengan dibuktikan dengan hasil hipotesis. Hasil yang didapatkan dari uji hipotesis bisa dinyatakan bahwa 0,000 lebih rendah dari pada 0,05. Maka dari data hasil uji tersebut bisa disimpulkan bahwa hipotesis dinyatakan diterima. Dengan demikian Ha diterima dan Ho di tolak. Maka bisa di simpukan bahwa Bimbingan Klasikal dengan Menggunakan Media Video Edukasi berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman siswa Kelas X MAN 4 Tangerang terhadap bahaya pernikahan dini.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Harahap. (2023). Pengaruh Edukasi Risiko Pernikahan Dini Melalui Media Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Pada Remaja Di SMP Negeri 10 Kota Padangsidimpun. Skripsi, Universitas Haufa Rohyan
Hardani, D. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. Dalam Repository.Uinsu.Ac.Id.
Andini, Y., Hardinata, J. T., & Purba, Y. P. (2022). Penerapan Data Mining pada Tata Letak Buku Di Perpustakaan Sintong Bingei Pematangsiantar dengan Metode Apriori. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika), 7(1), 13-18.
Syafa’ah, Purwoko. (2023). Penerapan Bimbingan Klasikal Metode Sinema Edukasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Bahaya Narkoba Pada Ssiswa SMAN 1 Gedeg. Jurnal BK UNESA. Vol. 13. No. 6
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI VIDEO Rendahnya motivasi belajar siswa kelas Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200.
Utaminingsih, Diah & Citra Abriani. (2017). Bimbingan dan Konseling Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Psikosain.
Rusman. (2012). Model-Model Pem,belajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru,. Bandung: CV. Alfabeta.
Munir. (2012). Miltimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Anggraini, Aulia, Taqiyuddin. (2020). Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Pemahaman Resiko Pernikahan Dini Remaja. Jurnal Konseling Pendidikan. Vol 4. No 2