Perancangan Media Promosi Program Studi Animasi Institut Seni Indonesia Padang Panjang
Main Article Content
Anggun Renata
Anin Ditto
Eva Yanti
Media promosi berperan penting dalam mendukung kegiatan promosi dan pengenalan produk atau jasa kepada masyarakat serta memengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan. Dalam upaya memperkenalkan Program Studi Animasi Institut Seni Indonesia Padang Panjang, dirancang media promosi berbentuk audio visual yang menampilkan adegan rekaan mengenai perkembangan industri kreatif, serta berbagai fasilitas unggulan seperti ruang kelas nyaman, laboratorium multimedia terkini, dan ruang audio visual. Perancangan media ini menggunakan metode analisis SWOT dan AIDAS untuk menyusun strategi promosi yang efektif. Tahapan proses mencakup pengumpulan data, riset, pembuatan konsep, brainstorming, pemilihan warna dan tipografi, hingga produksi akhir. Selain video promosi, media pendukung seperti poster, banner, brosur, media sosial, dan merchandise turut disiapkan untuk memperkuat strategi promosi. Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik Program Studi Animasi dan menarik minat calon mahasiswa baru untuk bergabung.
Alma, B. (2006). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Alfabeta.
Arens, William F. (2006). Contemporary Advertising. McGraw-Hill.
G. R. Terry. (1972). Principles of Management. Richard D. Irwin, Inc.
Kasali, Rhenald. (1992). Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Grafiti.
Kemenparekraf/Baperekraf RI. (2024, Februari 23). Perkembangan Industri Animasi di Indonesia Berpotensi Tembus Pasar Global. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Diakses dari
Kotler, Philip., & Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management. Pearson Education.
Lewis, E. St. Elmo. (1898). The Education of a Salesman. The Book-Keeper Publishing.
Program Studi Animasi Institut Seni Indonesia Padang Panjang. (2024). Diakses dari https://www.isi-padangpanjang.ac.id/program-studi-animasi-d4/.
Purnomo, D. (2010). Strategi Perancangan Desain Grafis Berbasis Analisis SWOT. Pustaka Grafika.
Rohidi, Tjetjep Rohindi. (2011). Desain Komunikasi Visual. Penerbit Kanisius.
Shimp, Terence A. (2003). Advertising, Promotion, and Supplemental Aspects of Integrated Marketing Communications. South-Western College Pub.
Suyanto, M. (2013). Strategi Perancangan Iklan yang Efektif Berbasis Model AIDAS. Andi Publisher.
Widagdo, Setiawan. (2015). Perancangan Identitas Visual dan Media Promosi Efektif. Gaya Media.