Etos Kerja IKIGAI Guru BK (Penelitian Deskriptif di Solok Selatan)
Main Article Content
Leni Murni Hayati
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan konsep ikigai dalam meningkatkan motivasi, kepuasan kerja, dan kualitas layanan Guru Bimbingan dan Konseling (BK) di Kabupaten Solok Selatan. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, penelitian ini mengukur empat elemen utama ikigai: passion (kegemaran), mission (tujuan hidup), vocation (panggilan), dan profession (profesi). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah divalidasi dan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif untuk menggambarkan distribusi serta kecenderungan variabel yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen profession memiliki skor rata-rata tertinggi (63,5), sedangkan passion memperoleh skor terendah (9,0). Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun guru BK merasa kompeten dan dihargai dalam profesinya, tingkat antusiasme mereka terhadap pekerjaan masih rendah. Ketidakseimbangan antara keempat elemen ikigai dapat berdampak negatif terhadap kepuasan kerja dan kualitas layanan BK. Oleh karena itu, diperlukan strategi peningkatan aspek mission dan passion, seperti pelatihan pengembangan diri dan supervisi yang mendukung, guna mencapai keseimbangan optimal dalam penerapan konsep ikigai pada profesi guru BK.
A'yun, N. Q. (2023). Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Kualitas Pelayanan Bimbingan Konseling di MAN 1 Bogor Melalui Dimensi SERVQUAL. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Alawiyah, T. (2023). Survei Kepuasan Siswa Terhadap Kinerja Guru Bimbingan Konseling dan Program Bimbingan Konseling di SMA Negeri 2 Siak Hulu. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Borders, L. D., & Drury, S. M. (1992). Comprehensive school counseling programs: A review for policymakers and practitioners. Journal of Counseling & Development, 70(4), 487-498.
Bridgeland, J., Dilulio, J. J., & Morison, K. B. (2006). The Silent Epidemic: Perspectives of High School Dropouts. Civic Enterprises.
Day, C., Sammons, P., Stobart, G., Kington, A., & Gu, Q. (2005). The impact of leadership on pupil outcomes: Final report. Department for Education and Skills (DfES).
Duckworth, A. (2016). Grit: The Power of Passion and Perseverance. Scribner.
Hayati, N., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Penerapan Strategi LOVE untuk Menemukan Ikigai pada Guru BK di Solok Selatan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 6(1), 34-45.
McCarthy, C. J., Lambert, R. G., & Seraphinoff, C. (2010). Predicting teacher stress: The effects of workload and school climate. Educational Psychology, 30(3), 203-224.
Oktasari, D., & Tiara, M. (2023). Penerapan Konsep Ikigai dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Psikologi Positif, 4(1), 12-23.
Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. (2021). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Solok Selatan Tahun 2021-2026.
Putri, A. (2022). Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling: Studi Pustaka. Jurnal Ilmiah Konseling, 6(2), 45-56.
Saputra, W. (2014). Tingkat Stres Guru BK dalam Menghadapi Permasalahan Peserta Didik di SMA Negeri 5 Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(3), 150-160.
Sari, D. P. (2021). Tingkat Kepuasan Layanan Bimbingan dan Konseling pada Peserta Didik di Era Pandemi COVID-19 di Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta di Bandar Lampung. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.