Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Main Article Content
Sheva Febriant Zahra Khoerunnisa
Thalytha Majma Tsaqifa Taftazani
Khosyi Anindya Chotimah
Nazwa Shafira
Mochammad Fadhlan Dzikrullah
Alfiana Nurussama
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN Sumurbatu 1 sebagai dasar dalam menentukan teknik analisis statistik yang tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory survey, yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal (timbal/balik) antara motivasi belajar siswa sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat, dimana penelitian ini merumuskan masalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Uji normalitas dilakukan menggunakan Shapiro-Wilk, karena sampel kurang dari 50 dengan bantuan aplikasi SPSS.. Hasil analisis menunjukkan bahwa data motivasi belajar memiliki nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Sebaliknya, data prestasi belajar menunjukkan nilai signifikansi dibawah 0,05 yang berarti tidak berdistribusi normal. Dari hasil analisis tersebut, terdapat dua perbedaan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar siswa dimana variable satu berdistribusi normal dan variable dua tidak normal yang menyebabkan data hasil analisis tidak bersifat homogen, sehingga untuk uji kolerasi dapat menggunakan teknik non parametrik (Spearman’s rho). hasil uji Spearman’s rho menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,032 dengan signifikansi 0,870. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa dalam sampel yang diteliti.
Ahadi, G. D., & Zain, N. N. L. E. (2023). Pemeriksaan Uji Kenormalan dengan Kolmogorov-Smirnov, Anderson-Darling dan Shapiro-Wilk. Eigen Mathematics Journal, 11–19.
Annisa, A. N. (2019). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa di sekolah. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 1-6.
Aulia, D., & Susanti, D. (2022). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Dalam Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Ecogen, 5(3), 378.
Fitriyani, A., Hidayat, M., & Putra, R. (2020). Analisis pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap prestasi akademik mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 6(3), 230–239.
Giawa, M., Mahulae, S., Remigius, A., & Silaban, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 067245 Medan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 327–332.
Mangangantung, J. M., Wentian, S., & Rorimpandey, W. H. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Wanea. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 15-24.
Nisari, W., Aprilia, U., Nazirah, N., Sapitri, D. R., Dinei, H. N., & Alisa, F. (2023). Korelasi antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(4), 13179–13186.
Rahmawati, T. (2023). Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(1), 77–85.
Saefudin, A. (2020). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik dalam Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sari, M., Rachman, H., Astuti, N. J., Afgani, M. W., & Abdullah, R. (2022). Explanatory survey dalam metode penelitian deskriptif kuantitatif. Metode, 1.
Umar, A. F. F., Yusuf, A. I., Amini, A. R., & Alhadi, A. (2023). Pengaruh motivasi belajar terhadap peningkatan prestasi akademik siswa: The Influence of Learning Motivation on Increasing Student Academic Achievement. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 7(2), 121–133.
Wahyuni, D. (2022). Pengaruh lingkungan belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 52–60.
Wafiqni, N. (n.d.). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SD IT Al-Quraniyyah (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Yuliana, E., & Nugroho, S. (2021). Hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 143–151.
Mufidah, N. E., & Sartika, S. B. (2025). Hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD Kelas VI. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia (JPDI).
Kharis, A. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas III. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 8(2), 135-138.
Maorin, A., Fauzi, A., & Ekawati, E. Y. (2023). Penerapan Modul Elektronik Sigil Berbasis Saintifik pada Materi Teori Kinetik Gas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ranah Kognitif dan Motivasi Belajar Siswa. Variabel, 6(1), 25-33













