Inovasi Media Pembelajaran: Poster Edukatif Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Kelas V SD
Main Article Content
Ulfa Nur Fauziah
Laelatul Mahfuroh
Syafira Ramadani
Perkembangan teknologi telah mendorong inovasi dalam dunia pendidikan, termasuk dalam penggunaan media pembelajaran yang efektif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media poster edukatif yang memuat nilai-nilai Pancasila guna meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman siswa sekolah dasar terhadap materi Pendidikan Kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan pendekatan deskriptif kualitatif, meliputi tahapan analisis kebutuhan, perancangan desain, validasi ahli, uji coba terbatas, serta revisi dan penyempurnaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa poster edukatif yang dikembangkan layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran, terbukti dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Poster yang dirancang secara visual menarik dan komunikatif mampu menyederhanakan konsep abstrak nilai-nilai Pancasila sehingga lebih mudah dipahami dan diinternalisasi siswa. Penggunaan media poster edukatif juga mendorong suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, serta menjadi inspirasi bagi guru untuk terus berinovasi dalam pengembangan media pembelajaran. Secara keseluruhan, pengembangan media poster edukatif nilai-nilai Pancasila sangat relevan dan efektif dalam mendukung pembelajaran karakter berbasis Pancasila di sekolah dasar.
Akbar, R. M. (2022). Flash card sebagai media pembelajaran dan penelitian. Haura Utama.
Amalia, F., & Najicha, F. U. (2023). Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam membangun karakter bangsa. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(1), 1–6.
Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Rajawali Pers.
Aryani, E. D., Fadjrin, N., Azzahro, T. A., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter. Gema Keadilan, 9(3), 186–198.
Ayuni, V. S., Munandar, H., & Junita, S. (2020). Pengembangan media poster pelestarian makhluk hidup untuk meningkatkan pengetahuan siswa kelas IV sekolah dasar pada pembelajaran IPA tema 6 subtema 3. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).
Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif. Fatawa Publishing.
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan media dan sumber belajar: Teori dan prosedur. Laksita Indonesia.
Fauziah, N. R., Dewi, N. K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan media poster muatan PPKn materi Pancasila kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 7–14.
Jannah, F. Z., Serevina, V., & Astra, M. (2016). Pengembangan media pembelajaran poster fisika fluida statis berbasis lingkungan dalam bentuk poster photoscrap. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2016, V.
Larasati, N. I. P., Putro, A. N. S., Pratiwi, M., Wardani, E., Ibrahim, S. M., Saragih, K. F., Srirahmawati, I., Mahmudi, M. A., Zega, N. A., & Fatmawati, M. (2024). Media pembelajaran. Lakeisha. https://books.google.co.id/books?id=C60MEQAAQBAJ
Nurfadhillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S. W., & Jamirullah, R. F. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis media poster pada materi “perubahan wujud zat benda” kelas V di SDN Sarakan II Tangerang. Nusantara, 3(1), 117–134.
Rizawayani, R., Sari, S. A., & Safitri, R. (2017). Pengembangan media poster pada materi struktur atom di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 127–133.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.
Sekarini, W. (2018). Penggunaan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Muhammadiyah 01 Sukarame.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistyono, Y. (2016). Penyusunan media pembelajaran poster berbasis teks: Studi kasus media pembelajaran poster karya mahasiswa semester 5 Pendidikan Bahasa Indonesia UMS. Jurnal Varidika, 27(2), 208–215.
Supriadi, G. (2021). Statistik penelitian pendidikan. UNY Press.
Yusandika, A. D., Istihana, I., & Susilawati, E. (2018). Pengembangan media poster sebagai suplemen pembelajaran fisika materi tata surya. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 187–196.
Zaman, B. (2013). Media dan sumber belajar TK (Cet. 5). Universitas Terbuka.