Redesign Visual Identity Sagaraa Kopi Di Kota Solok
Main Article Content
Duhana Putra Nanda
Ferry Fernando
Fadlul Rahman
Sagaraa Kopi merupakan salah satu UMKM yang ada di Kota Solok yang bergerak pada usaha coffeeshopyang berdiri pada 11 November 2021. Sagaraa Kopi memiliki visi untuk memberi ketenangan dan kenyamanan bagi konsumen yang ingin menikmati kopi seperti layaknya di Rumah. Hal ini juga didukung dengan konsep venue Sagaraa Kopi yang berupa rumah agar terciptanya suasana santai, ramah, dan hangat. Namun hal ini belum mampu tersampaikan melalui visual identity Sagaraa Kopi saat ini. Penerapan desain pada media promosi Sagaraa Kopi juga masih belum konsisten, hal ini membuat visi
dari Sagaraa Kopi masih belum bisa tersampaikan dengan baik. Metode pengumpulan data yang dilakukan berupa :
observasi, wawancara, kuisioner, studi pustaka. Metode analisi data yang digunakan adalah AIDAS dan SWOT. Konsep dalam redesign visual identity Sagaraa Kopiadalah desain minimalis bertujuan untuk memperbarui visual identity Sagaraa Kopi dan dapat diingat dengan mudah oleh audiens. Hasil redesign visual Identity Sagaraa Kopi berupa logo jenis Combination marks dengan menggunakan warna yang memberi kesan hangat. Logo combination mark dapat menyampaikan gagasan visual tentang apa yang diwakilinya, dan juga diperjelas dengan pembubuhan nama melalui teks. Logogram diambil dari visual venue dari Sagaraa Kopi yaitu rumah, dan menggunakan visual kopi untuk mewakili produk yang dijual yaitu minuman kopi. Pada logotype menggunakan jenis font sans serif guna mendukung konsep desain minimalis pada logo. Kemudian logo dapat diaplikasikan diberbagai media sebagai wadah promosi bagi Sagaraa Kopi. Seperti Neonbox, grafis desain kemasan, poster, merchandise, dan sosial media.
Ardya, O. 2007. Concept "Mengenal Kemasan yang Ideal", Vol.03 Edisi 18. Jakarta:Subur Printing.
Dewantara, F. R., J. Ginting dan Irsal. 2017. Respon pertumbuhan bibit kopi robusta (Coffea robusta L.) terhadap berbagai media tanam dan pupuk organik cair. Jurnal agroteknologi FP USU.
Febi. M. dan Ginting. E. 2017. Perencanaan Rebranding kafe Raja’s Coffee Dalam Membentuk Awareness. Universitas Budi Luhur. Jakarta.
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press
Rustan, Surianto. 2013. Mendesain Logo. Jakarta: PTGramedia
Ruslan, Rosady. (2003). Metode Penelitian PR dan Komunikasi. Jakarata : PT. Raja Grafindo Persada.
Wang, R W.Y. dan Chen, W C. 2007. The Study on Packaging Illustration Affect On Buying Emotion. Proceeding. International Association of Societies and Design Research, Hong Kong Polytech University
Wheller, Alina. (2009). Designing brand identity: An essential guide for the whole branding team. Canada: John Willey& Sons,Incx