Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kreatif Siswa Melalui Strategi Pembelajasan Berbasis Diskusi Di Mata Pelajaran Pkn Di SD Kelas IV
Main Article Content
Nike Fadzila Putri
Dhiya Khansa Azzizah
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa melalui penggunaan strategi pembelajaran yang berorientasi pada diskusi dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas IV sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya partisipasi dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang disebabkan oleh penguasaan metode pengajaran tradisional yang terfokus pada guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Para subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas IV SDN 1 Gisting Atas. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan memadukan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam melaksanakan strategi diskusi meningkat rata-rata sebesar 19,4%. Aktivitas siswa dalam diskusi juga menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan rata-rata kenaikan 20,5%, terlihat dari meningkatnya keberanian dalam mengemukakan pendapat, partisipasi aktif, kemampuan untuk memberikan ide, dan kerja sama kelompok. Selain itu, hasil dari tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa menunjukkan peningkatan sebanyak 22,3% dari siklus I ke siklus II. Siswa menunjukkan kemajuan dalam kemampuan menganalisis masalah, menyusun argumen yang logis, menciptakan ide-ide baru, serta memberikan solusi yang inovatif. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang berfokus pada diskusi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Pendekatan ini tidak hanya memperbaiki hasil belajar kognitif, tetapi juga menumbuhkan sikap aktif, percaya diri, dan kolaboratif pada siswa. Dengan demikian, strategi ini sangat dianjurkan untuk diterapkan secara luas dalam pembelajaran PKn serta dalam pelajaran lainnya di tingkat sekolah dasar.
Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 5 No 2 Tahun 2022.
Sabri., Kholil, Umar., & Ahmad, Marzuki. (2023). Validitas Buku Ajar dengan Pendekatan Konstekstual dalam Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia. Vol 6, No.3
Andriayani, Siti Luthfiah., Amrah., & Makassar, Andi. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pelajaran PKN Kelas V. Jurnal Inovasi Pedagogi dan Teknologi (JIPTek). Vol. 1, No.1.
Maylia, Elma Citra., Amelia, Aghista Putri., Suwarna, Dina Mayadiana., Muyassaroh, Izzah., & Jenuri. (2024). Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar. Vol. 10, No. 01.
Riantika, Anastasia., & Wibawa, Sutrisna. (2024). Kemampaun Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PKn Menggunakan Model PBL Berbasis Treasure Hunt dan QR Code. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya. Vol. 2, No.1.
Wati, Sari Rahmah., & Alhudawi, Usman. (2023). Profil Pelajar Pancasila dalam Pengembangan Kreativitas Pembelajaran PPKn. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 12, No.1.
Septiana, Tri Siwi., & Kurniawan, M. Ragil. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 pada Mata Pe;ajaran PKN di SD Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/2017. Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar. Vol.1, No.1
Fitriyani., Barokah, Awalina., & Kurniati, Bulan. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran PKN Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal of Basic Educational Studies. Vol. 3, No. 3.
Nadhiroh, Any Lailatul., Saputri, Ernia Duwi., Nisa, & Anis Umi Khoirotun.. (2020). Peranan Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKN dengan Metode Diskusi Kelompok. Jurnal Pendidikan Edutama. Vo. 4, No.1
Arafat, Yasir., Hasibuan, Ahmad Tramidzi., & Syahfitri, Andini. (2024). Analisis Peningkatan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran PKN Melalui Penerapan Metode Diskusi Dikelas V. Adzkiyya :Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.1, No.3
Wasahua, Sarfa. (2021). Konsep Pengembangan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Horizon Pendidikan. Vol.16, No.2
Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. (2019). Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2),
Aljaafil, E. (2019). Critical Thinking Skills Ills For Primary Edu Education : Cation : The Case In Lebanon
Adilla, Mya Saslabilla Al. (2022). Efektivitas Metode Penugasan Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif PPKn Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian.