Evaluasi Kurikulum Sekolah Dasar Dalam Mendukung Implementasi Pendidikan Inklusi
Main Article Content
Dea Mustika
Annisa Assyifa
Perawati
Rosmalinda
Sri Rahmawati
Pendidikan inklusi bertujuan untuk menjamin akses yang setara terhadap pendidikan bagi semua anak, termasuk anak dengan kebutuhan khusus. Artikel ini mengevaluasi kurikulum sekolah dasar di Indonesia dalam mendukung implementasi pendidikan inklusi. Melalui pendekatan kualitatif dan studi kasus di beberapa sekolah dasar di Jakarta, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum saat ini belum sepenuhnya responsif terhadap kebutuhan siswa dengan latar belakang dan kemampuan yang beragam. Faktor utama yang menjadi kendala meliputi keterbatasan pelatihan guru, metode pengajaran yang belum inklusif, serta minimnya dukungan sumber daya. Meskipun terdapat beberapa praktik baik di sekolah tertentu, diperlukan perbaikan kurikulum, peningkatan kapasitas guru, dan dukungan infrastruktur untuk memastikan keberhasilan pendidikan inklusi secara menyeluruh.
Ainscow, M. (2016). Developing Inclusive Education Systems: The Role of School Leadership. Cambridge University Press.
Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus. (2023). Laporan Tahunan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Kemendikbudristek.
Hasanah, U., & Wardana, A. (2023). Implementasi Universal Design for Learning dalam Kelas Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusif, 8(1), 23–35.
Hendrawan, F., Dewi, S., & Sukmawati, N. (2022). Kesiapan Kurikulum Sekolah Dasar dalam Menyongsong Pendidikan Inklusi. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 11(3), 120–132.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Data dan Statistik Pendidikan Inklusi di Indonesia. Jakarta: Kemdikbud.
Kurniawan, A. (2020). Metode Pembelajaran Inklusif di Sekolah Dasar: Tantangan dan Solusi. Jurnal Pendidikan Inklusi, 5(2), 123-135.
Lestari, N., & Kurniawati, D. (2021). Analisis Kesiapan Digital Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Inklusif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 88–97.
Putri, R. (2019). Peran Teknologi dalam Mewujudkan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 45-60.
Ramadhani, A., Susanto, R., & Marliyah, L. (2024). Infrastruktur Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Infrastruktur dan Manajemen Pendidikan, 5(1), 54–69.
Sari, D., & Rahmawati, I. (2020). Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(3), 201-215.
Yuliani, N., & Nugroho, B. (2021). Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Kelas Inklusi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Inklusif, 7(2), 77–89.