Penerapan Teknik Assertive Training Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pabuaran
Main Article Content
Putri Fauziah
Meilla Dwi Nurmala
Bangun Yoga Wibowo
Putri Fauziah, 2025.Penerapan Teknik Assertive Training Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pabuaran. Skripsi. Dibimbing oleh : Meilla Dwi Nurmala, S.Psi., M.Pd. (Pembimbing I). Bangun Yoga Wibowo, M.Pd. ( Pembimbing II ) Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Rendahnya motivasi belajar merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu proses belajar siswa dan membutuhkan penanganan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pabuaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, metode pra-eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel penelitian mengunakan Teknik Purposive Sampling yang di peroleh 8 sampel dengan kategori motivasi belajar terendah. kemudian diberikan treatment. Teknik analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis yaitu Wilcoxon signed ranks test. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan secara signifikan dari nilai rata-rata sebesar 33 menjadi 60.375. Analisis uji Wilcoxon signed ranks test pada proses pengambilan keputusan hipotesis, nilai 0.012 < 0.05, Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dinyatakan diterima. Dengan demikian Ha diterima dan Hօ ditolak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik assertive training berpengaruh untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Al Habsy, B., Rahmawati, A., Ariyanti, D. W., Zahro, C. I., & Santoso, H. R. P. `(2024). Pendekatan Solution Focused Brief Counseling dalam Konseling Kelompok. Jurnal Pendidikan Non formal, 1(4), 14-14.
Ali, Z., & Dwikurnaningsih, Y. (2019). Pengaruh Dari Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas Viii Smp Kristen 2 Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Genta Mulia, 10(2).
Anuar, A. R., Fahmi, A., & Fikri, M. (2024). Efektivitas assertive training sebagai strategi intervensi untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling Religi, 10(2).
Anuar, B., Fahmi, A., Edison, E., & Samsaifil, S. (2024). Efektivitas Assertive Training Sebagai Strategi Transformatif Terhadap Self-Confidence Siswa. JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN. https://doi.org/10.31602/jbkr.v10i2.17562.
Aqib, Z. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Penerapannya. Yrama Widya.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Carole. (2016). Psikologi Perkembangan Remaja: Perubahan Fisik, Psikologis, dan Intelektual. Penerbit XYZ.
Corey, G. (2009). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Belmont, CA: Brooks/Cole.
Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2016). Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 69-84.
Fardila, R. (2018). Judul Artikel atau Buku. Nama Penerbit.
Fatmawati, S. D., & Pratiwi, I. T. (2020). Penerapan Konseling Kelompok Latihan Asertif pada Siswa Korban Bullying. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(2), 123-130.
Folastri, S., & Rangka, I. B. (2016). Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Mujahid Press.
Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2021). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik role playing dalam meningkatkan interaksi sosial siswa kelas x SMA Negeri 1 Lahusa tahun pembelajaran 2020/2021. Counseling For All: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2), 13-22.
Gunarsa, S. D. (2007). Psikologi Praktis: Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Hanan, H. A. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Bimbingan konseling Siswa Kelas VIII. C Melalui Bimbingan Kelompok Semester Satu Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1), 62-72.
Haryadi, Fauziatin, & Khairunisa. (2020). Konseling Online: Pemanfaatan Teknologi dalam Layanan Konseling Kelompok di SMP Global Islamic School Jakarta. ResearchGate.
https://books.google.co.id/books/about/Metode_Penelitian_Pendidikan.html?id=uTbMDwAAQBAJ&redir_esc=y
https://books.google.com/books/about/Buku_Ajar_Metodologi_Penelitian_Kesehata.html?id=t7CvEAAAQBAJ
https://books.google.com/books/about/Metode_penelitian_pendidikan.html?id=qXxjAQAACAAJ
Hurlock, E. B. (2002). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Isro'i, N. F. (2020). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(2), 33-36.
Lubis, N. L. (2016). Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967-974.
Oki Luqman Hakim. Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok oleh Guru BK dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Piyungan Bantul Yogyakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Fakultas Dakwah. 2013
Pangaribuan, E. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Orangtua terhadap Motivasi Belajar pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Kota Medan.
Pangestu, F. (2018). PENGARUH METODE LATIHAN ACAK TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN BULUTANGKIS.
Pratiwi, U., & Karneli, Y. (2024). Pemahaman Mendasar tentang Konseling Kelompok bagi Praktisi Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 2(2), 60-66.
Prayitno, & Amti, E. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Universitas Negeri Padang.
Prayitno. (2017). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Ghalia Indonesia.
Rahmah, A. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
RIA, S. (2022). Eksperimentasi Konseling Individual Dengan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Peserta Didik (Studi Kasus pada peserta didik di SMP Negeri 11 Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Riduwan. (2005). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. Alfabeta.
Ristianti, D. H., & Fathurrochman, I. (2020). Penilaian Konseling Kelompok. Deepublish.
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41. Bdksurabaya.E-Journal.Id.
Safithry, E. A., & Anita, N. (2019). Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik: Counseling Group With Self Management Techniques To Reduce Social Prejudice Learners. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 33-41.
Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Saragi, M. P. D., Tasmara, L., Berutu, R., & Ihsan, M. (2022). Pengaruh layanan konseling kelompok (role playing) dalam mengatasi bullying di yayasan penyantunan anak yatim piatu. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(3), 270-274.
Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sindu, I.G.P.,Santyasa, I.W., & Sukra Warpala, I.W.S. 2013. Pengaruh Model E- LearningBerbasis Ma-salah dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar KKPI Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Singaraja. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pen-didikan Ganesha,Volume3,(Online) (http://pascaundiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_tp/article/download/ 617/ 403),diakses 10 Juli 2017.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Suandani, N. M., Sedanayasa, G., & Gading, I. K. (2018). Efektivitas konseling behavioral dengan teknik modeling dan asertif terhadap penyesuaian diri ditinjau dari jenis kelamin pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Abiansemal tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 3(2), 47-56.
Sudarma, I., Sukadi, M., & Sanjaya, M. (2014). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 2 GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. , 2.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Prenadamedia Group.
Sudiarto. (2018) Membangun Motivasi Kerja Guru Dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Berkualitas (Analisis Teori Motivasi Abraham Maslow Di SMK Negeri 57 Jakarta) Jurnal Ilmiah Manajamen Sumber Daya Manusia. JENIUS. Vol. 1, No. 3, Mei 2018
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya
Susetyarini, R. E., Permana, T. I., Gunarta, G., Setyawan, D., Latifa, R., & Zaenab, S. (2019). Motivasi dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran berbasis proyek: sebuah penelitian tindakan kelas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.21831/JIPI.V5I1.22293
Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syamila, D., & Herdi, H. (2021). Konseling Online: Pemanfaatan Teknologi dalam Layanan Konseling Kelompok di SMP Global Islamic School Jakarta. Jurnal Paedagogy, 8(4), 475-481.
Syamsudin, S. (2018). pengembangan perangkat pembelajaran IPA berorientasi model pembelajaran pemaknaan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa PDF wustha. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 3(2), 50-57.
Syarifah, L. (2018). PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG.
Tri Yunita, A. (2019). PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Uno, H. B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Waris, R. (1998). Mengantar Remaja ke Syurga. Bandung: Mizan.Wasty, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Yuliandra, R., Mahfud, C., & Gumantan, A. (2020). Karakteristik Perkembangan Remaja.
Yusran, H., & Harfinah. (2022). Efektivitas Pelatihan Asertif untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 8(1), 45-53.
Zulhadi, R., Marwinda, M., & Masril, M. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Asertif dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X di SMA 1 Dua Koto. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 2386-2392.