Penerapan Teori Behaviorisme Dalam Pembelajaran Pancasila Di SDN 1 Tanjung Rusia
Main Article Content
Muhammad Murtado
Afrizal
Fadil Irada Akram
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan teori behaviorisme dalam pembelajaran Pancasila di SDN 1 Tanjung Rusia serta dampaknya terhadap perubahan perilaku siswa. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru, siswa, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori behaviorisme melalui strategi penguatan seperti pemberian1.5 reward dan latihan berulang mampu meningkatkan partisipasi aktif, kedisiplinan, dan tanggung jawab siswa dalam kegiatan pembelajaran. Respon siswa yang diamati mencakup perilaku verbal seperti menjawab dan bertanya, serta perilaku nonverbal seperti mencatat dan menyimak. Meskipun efektif dalam membentuk kebiasaan positif, pendekatan ini memiliki keterbatasan dalam membangun pemahaman nilai secara mendalam, sehingga diperlukan kombinasi dengan pendekatan reflektif untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran nilai-nilai Pancasila.
Aziz, A. N., & Rahmatullah, A. S. (2022). Pembelajaran Online dalam Perspektif Teori Behavioristik. IDEAS: Jurnal Pendidikan, 10(2), 150–163.
Firdausi, A. K., & Marina, W. (2025). Teori Pembelajaran Relevan untuk Pendidikan Kewarganegaraan di MI. Ganesha Civic Education Journal, 7(1), 20–34.
Harmanto, H., & Febrian, V. (2022). Strategi Penanaman Karakter Mandiri dan Disiplin melalui Metode Pembiasaan di SMPN 3 Peterongan Jombang. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 10(1), 58–72.
Iman, B. N., Agustin, A., & Asyiah, N. (2024). Reward and Punishment dalam Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Locus Penelitian, 6(2), 110–125.
Mulyasa, E. (2020). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualitas Guru di Era Global. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, M. (2021). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Erlangga.
Nurrohman, M. A. (2023). Peran Guru PPKn sebagai Motivator dalam Pembentukan Karakter Tanggungjawab Siswa di SMAN 16 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(1), 44–59.
Sari, W. D. (2024). Penanggulangan Learning Loss: Praktik Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Humanistik Perspektif al-Qur’an. PTIQ Repository.
https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1623/1/2024-WINDY%20DIAN%20SARI-2021.pdf
Sagala, S. (2020). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Salminawati, S. (2019). Implementasi Reward dan Punishment dalam Pembelajaran di Madrasah Se-Kota Medan. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 7(1), 89–98. (Dikutip melalui Aziz & Rahmatullah, 2022)
Tias, D. A., Ramadhani, M., & Putri, F. K. (2024). Penguatan Karakter melalui Behaviorisme dalam Pembelajaran PPKn di SD. Jurnal Pendidikan Moral Pancasila, 9(1), 33–45.
Wahab, Z. (2021). Teori Belajar dan Implikasinya dalam Perancangan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 28(3), 114–129.