Analisis Penyusunan Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas IV BAB 4 “Negaraku Indonesiaku” SD Negeri Di Desa Pajaresuk
Main Article Content
Riska Juwita Sari
Wuri Maulidia
Azizatul Mardhiyyah
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan guru dalam menyusun modul ajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV Bab “Negaraku Indonesiaku” di SD Negeri Desa Pajaresuk. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh rendahnya kualitas perencanaan pembelajaran yang belum sepenuhnya mencerminkan penguatan nilai-nilai Pancasila dalam konteks implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar modul ajar yang dianalisis telah memenuhi struktur sistematis sesuai dengan panduan Kemendikbudristek, meliputi identitas modul, kompetensi awal, tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, media, dan asesmen. Nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong, keberagaman, dan cinta tanah air telah terintegrasi dengan baik dalam konten maupun aktivitas pembelajaran. Namun demikian, beberapa kelemahan masih ditemukan, seperti tujuan pembelajaran yang belum spesifik dan terukur, asesmen yang dominan berfokus pada aspek kognitif, serta kurangnya penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Temuan ini menunjukkan bahwa masih diperlukan peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan dan pendampingan berkelanjutan agar modul ajar yang disusun benar-benar mampu menjawab kebutuhan belajar peserta didik yang beragam dan mendukung penguatan Profil Pelajar Pancasila secara optimal. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk pengembangan modul ajar yang kontekstual, aplikatif, dan adaptif terhadap dinamika kelas.
Akhyar & Dewi (2022). PENGAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR GUNA MEMPERTAHANKAN IDEOLOGI PANCASILA DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Kewarganegaraan. Vol. 6 No. 1
Arinie, S & Nor Azmah. (2025). Komponen Modul Ajar dan Manfaatnya Bagi Guru Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di Abad 21. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam. Vol 3 (1). 219
Ardiansyah, M.R dkk. (2025). Dasar-dasat Teknologi Pendidikan. Jawa Barat: Widina Media Utama
Rismawanda,H & Mustika, D. (2023). Kemampuan Guru dalam Menyusun Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Aulad: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(2), 575-322.
Creswell, J. W. (2021). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Sage.
Gunawan, R. (2022). Modul Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar / Modul Pembelajaran. Feniks Muda Sejahtera.
Januru, et.al (2025). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Sumatra Barat : Tri Edukasi Ilmiah
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbud.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (2021). Naturalistic Inquiry. Sage.
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130-131.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurjanah, et al. (2022). ATP, Modul Ajar, dan Evaluasi Kurikulum Merdeka Bahasa Sunda. Depok: Goresan Pena.
Patton, M. Q. (2020). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). Sage.
Pitaloka,H & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung. Vol(4). 37
Sesmiarni, Z & Asi, R.S. (2023). Perencanaan Pembelajaran: Kurikulum Merdeka. Yogyakarta : Bintang semesta media
Sukitman,Tri dkk. (2023). Penguatan Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. KARATON: Jurnal Pembangunan Sumenep. Vol 3(1). 104-109
Sugiri, W.A & Priatmoko, S. (2020). Perspektif asesmen autentik sebagai alat evaluasi dalam merdeka belajar. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4 (1). 53-61.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wijaya, K. A. (2022). Guidance in Actions: Solusi Meningkatkan Kompetensi Guru. Lombok: Penerbit P4I.
Winarno. (2023). PARADIGMA BARU PENDIDIKAN PANCASILA. Jakarta: Bumi Aksara.