Pengaruh Persepsi Warna Terhadap Memori Jangka Pendek Remaja Binaan Rumah Zakat
Main Article Content
Kurniati Zainuddin
Amir
Rahma Aliyah Usman
Reza Amini Kadir
Rifani Hardiyani
St. Khafiah Izabi
Penelitian ini mengkaji pengaruh persepsi warna terhadap memori jangka pendek remaja binaan Rumah Zakat. Memori jangka pendek penting untuk pembelajaran namun kapasitasnya terbatas. Studi ini bertujuan mengetahui dampak warna pada memori remaja tersebut. Digunakan metode eksperimen-kuasi (pre-test dan post-test) pada 16 remaja (16-18 tahun), terbagi kelompok eksperimen (8 perempuan) dan kontrol (8 laki-laki). Awalnya, kedua kelompok mengingat 30 gambar hewan akromatik. Kemudian, kelompok eksperimen melihat gambar hewan kromatik, kelompok kontrol tetap dengan gambar akromatik. Hasilnya, kelompok eksperimen tidak menunjukkan peningkatan memori signifikan (rata-rata 10,87 ke 11,00; p=0,893). Sebaliknya, kelompok kontrol meningkat signifikan (rata-rata 12,50 ke 14,62; p=0,024). Kontribusi warna pada peningkatan memori hanya 0,3%. Kesimpulannya, warna tidak berpengaruh signifikan pada peningkatan memori jangka pendek remaja di penelitian ini. Faktor lain seperti usia, motivasi, IQ, dan kualitas tidur diduga lebih berperan. Penelitian lanjut disarankan mengontrol variabel tersebut lebih ketat.
Abidah, K., Laksmiwati, A. A., Sasfiranti, Y., & Supradewi, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Warna Terhadap Short Term Memory untuk Peningkatan Pemahaman Matematika. PSISULA: Prosiding Berkala Psikologi, 1, 96–103.
Aini, S. (2013). Pengaruh Ingatan dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fisika di MA Madani Alauddin PaoPao Kabupaten Gowa. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 1(1), 63–76. https://doi.org/10.24252/jpf.v1i1.1097
Alzuhra, N., & Wahyuni, S. (2024). Efektivitas Peningkatan Memori pada Siswa. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 5(3), 397–406. https://doi.org/10.24014/pib.v5i3.26438
Ardyarini, H. T., Muniroh, M., & Maharani, N. (2018). Perbedaan Memori Jangka Pendek Sebelum dan Sesudah Mendengarkan Musik saat Lari pada Dewasa Muda. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 7(2), 733–750.
Brown, C. (2007). Cognitive Psychology. Sage Publication Ltd.
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur 2020. Diakses pada 8 Mei 2025, dari https://dinkes.jatimprov.go.id/userfile/dokumen/PROFIL KESEHATAN 2020.pdf
Hasibuan, I. I. S. (2024). Pengaruh Kurang Tidur Terhadap Short Term Memory pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Malikussaleh (Skripsi Sarjana, Universitas Malikussaleh).
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187-203. 10.22146/buletinpsikologi.38619
Magdalena, B., & Purwoko, Y. (2018). Pengaruh Memory Training dengan Aplikasi Memorado Terhadap Memori Jangka Pendek Diukur dengan Scenert Picture Memory Test. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 7(2), 863–874.
Malau, E. E., Satianingsih, N. M., & Rudhito, M. A. (2023). Hubungan Short Term Memory dari Sudut Pandang Neurosains di Sekolah Menengah Atas dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 11(2), 13–17.
Nastion, N., Sari, P. R., & Sastra, S. (2019). Pengaruh Warna Terhadap Short Term Memory pada Anggota UKM Creative Minority. Jurnal Psikologis Terapan, 2(2), 87-93. https://doi.org/10.29103/jpt.v2i2.3629
Paksi, D. N. F., & Nur, D. (2021). Warna Dalam Dunia Visual. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi & Media Baru, 12(2), 90-97. https://doi.org/10.52290/i.v12i2.49.
Rais, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Presentasi Berbasis Prezi dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Mengingat Konsep. Jurnal Mekom, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.26858/mekom.v2i1.2576
Riyanto, A. (2009). Psikologi Industri: Daya Ingat (Memory). Bandung: Alfabeta.
Rohayati, E. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Peta Konsep untuk Mata Kuliah Qawaid Terhadap Daya Ingat Mahasiswa. TAPIS: Jurnal Penelitian Ilmiah, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.32332/tapis.v2i1.1117
Safitri, E., Purwitaningtyas, R. Y., & Nuzula, F. (2023). Pengaruh Warna Terhadap Short Term Memory pada Remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida, 10(1), 1-7. https://doi.org/10.55500/jikr.v10i1.180
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sujarwo, S., & Oktaviana, R. (2017). Pengaruh Warna Terhadap Short Term Memory pada Siswa Kelas VIII SMPN 37 Palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(1), 33-42. https://doi.org/10.19109/psikis.v3i1.1391
Susanto, R. (2019). Pengaruh Paparan Warna Teradap Retensi Short Term Memory pada Penderita Pertensi Primer. Jurnal Keperawatan Soedirman, 7(1), 44–57.
UNICEF Indonesia. (2021). Profil Remaja 2021. Diakses pada 8 Mei 2025, dari https://www.unicef.org/indonesia/media/9546/file/Profil Remaja.pdf
Zharandont, P. (2020). Pengaruh Warna Terhadap Suatu Produk dan Psikologi Manusia. Jurnal Ergonomi Patrycia Z, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3443