Optimalisasi Transformasi Digital BRIMO dalam Meningkatkan Layanan Nasabah Bank BRI Cabang Jember
Main Article Content
Ilfanny Dwi Azalia
Wildan Khizbullah Suhma
Transformasi digital banking menjadi isu penting dalam industri perbankan saat ini. Disrupsi digital telah mengubah cara orang melakukan bisnis dan bertransaksi. Transformasi digital mengacu pada penerapan teknologi digital di berbagai bidang perbankan dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan daya saing. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja tantangan yang dihadapi oleh bank bri cabang jember dalam proses transformasi digital untuk layanan nasabah, dan untuk mengetahui apa manfaat yang dirasakan oleh nasabah setelah implementasi transformasi digital dalam layanan mereka. Dalam mengidentifikasi permasalahan yang ada penelitian tersebut menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif atau penelitian lapangan. Dimana penelitian ini harus turun langsung ke lapangan untuk dapat memperluas temuan dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi transformasi digital dengan menggunakan aplikasi BRImo sangat efektif dalam meningkatkan layanan nasabah Bank BRI Cabang Jember, yaitu mempermudah transaksi nasabah secara real-time dan membuat transaksi lebih efisien dan aman. Aplikasi BRImo juga memiliki fitur-fitur yang lengkap dan beragam yang bisa digunakan oleh nasabah untuk memenuhi kebutuhannya, untuk tantangan yang terjadi saat optimalisasi transformasi digital BRImo disebabkan oleh beberapa aspek yaitu, yang pertama nasabah yang kurang paham teknologi dan minim pengetahuan terhadap digitalisasi. Kedua, terletak pada keterbatasan infrastruktur teknologi. Ketiga, terletak pada risiko kebocoran data nasabah dan penyalahgunaan data nasabah
Bank Mandiri—Terdepan, Terpercaya, Tumbuh Bersama Anda. (n.d.). Retrieved May 10, 2025, from https://www.bankmandiri.co.id/
Cikhal Anwar, M., Andini, S. A., Adellia, E. A., & Yulaeli, T. (2024). Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Logistik Peran Transformasi Digital dan Tantangan Inovasi terhadap Keberlanjutan UKM di Indonesia (Studi Literature Review): Vol. II (Issue 2).
Home | BNI. (n.d.). Retrieved May 10, 2025, from https://www.bni.co.id/en-us/
Home—Bank BRI | Melayani Dengan Setulus Hati. (n.d.). Retrieved May 10, 2025, from https://bri.co.id/
Masruroh & Nikmatul. (2024). Literasi Sistem Transformasi Digital dalam Optimalisasi Layanan Nasabah: Digital Transformation System Literacy In Customer Service. Jamas: Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1).
Muliyani, P. D. E. (2024). Kontribusi Jconnect Sipandai dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Nasabah (Studi Pada Bank Jatim Syariah Kota Kediri). AKSIOMA: Jurnal Sains Ekonomi Dan Edukasi, 1(1), 35–46.
Shabri, H. (2022). Transformasi digital industri perbankan syariah Indonesia. El-Kahfi| Journal of Islamic Economics, 3(02), 228–234.
Tiffani, I. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Literasi Digital Terhadap Preferensi Bank Digital. Mbia, 22(1), 152–167.
Transformasi Digital BRI Berbuah Manis 98% Nasabah Pakai Platform Digital—Radar Jember. (n.d.). Retrieved May 10, 2025, from https://radarjember.jawapos.com/sinergi/791125665/transformasi-digital-bri-berbuah-manis-98-nasabah-pakai-platform-digital
Varda Sardana & Shubham Singhania. (2018). Digital Technology in the Realm of Banking: A Review of Literature. International Journal of Research in Finance and Management, 1, 2.