Webinar Sebagai Media Edukasi: Meningkatkan Kesadaran Akan Pentingnya Komunikasi Efektif Dalam Manajemen Stres
Main Article Content
Abdul Rahmat
Kalysa Nayla Amin
Siti Latifah Nurkhaeriyah
Stres di tempat kerja merupakan permasalahan umum yang dapat memengaruhi kesehatan mental dan produktivitas karyawan. Salah satu faktor yang sering menjadi pemicu stres adalah kurangnya komunikasi yang efektif di lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada karyawan mengenai pentingnya komunikasi efektif dalam mengelola stres melalui kegiatan webinar. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan metode pemberian materi, diskusi interaktif, dan evaluasi menggunakan formulir online. Sebanyak 28 karyawan mengikuti kegiatan ini, dengan 18 orang yang tercatat mengisi absensi dan evaluasi. Hasil menunjukkan bahwa 63,6% peserta merasa puas, dan 36,4% merasa sangat puas terhadap pelaksanaan kegiatan. Selain itu, 59,1% menyatakan memahami materi, sementara 40,9% cukup memahami. Peserta juga menyampaikan bahwa materi yang disampaikan relevan dengan kondisi kerja mereka dan memberikan wawasan baru tentang strategi komunikasi yang dapat diterapkan untuk meredakan stres. Temuan ini menunjukkan bahwa edukasi melalui webinar dapat menjadi solusi praktis untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan komunikasi sebagai bagian dari manajemen stres di tempat kerja.
Anggraini, D. D., Thamrin, M., Putu Martini, N. N., & Qomariah, N. (2024). The Influence of Leadership and Work Stress on Employee Performance. Journal of Economics, Finance And Management Studies, 07(07), 3867–3875. https://doi.org/10.47191/jefms/v7-i7-04
Febri, H. (2024). Stres No More: Strategi Efektif Mengelola Stres di Tengah Kehidupan Digital. Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 6(2), 54–71.
Fitriana, S., Shuendri, Setiawan, A., & Prasetyo, A. (2024). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Sosial Emosional Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 8(2). https://doi.org/10.32696/ajpkm.v
Harahap, N. A., & Susilawati. (2023). Manajemen Stress Kerja Pada Karyawan Perusahaan. Zahra: Journal Of Health And Medical Research, 3(2), 266–272.
Hartomo, N. K., & Luturlean, B. S. (2020). Pengaruh Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan Kantor Pusat PT. Pos Indonesia (Persero Bandung). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi (JIMEA), 4(1), 200–207. https://www.academia.edu/download/80551333/6369.pdf
Jaya, S. (2021). Strategi Membangun Komunikasi yang Efektif untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah. Pendidikan, 10(2), 20–36.
Kim, J.-H. (2021). The Relationship between Employee’s Work-Related Stress and Work Ability based on Qualitative Literature Analysis. Journal of Industrial Distribution & Business, 12(7), 15–25.
Paputungan, P., Tangkudung, J. P. M., & Runtuwene, A. (2021). Pengaruh Gaya Komunikasi Pemimpin terhadap Kinerja Karyawan di kantor PLN Molibagu. Journal ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(4), 1–7. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/35738
Prehanto, A., Gelar, R., & Masum, N. (2021). Pemanfaatan Webinar Sebagai Alternatif Digitalisasi Informasi dalam Seminar Kurikulum. Indonesian Journal of Digital Business, 1(1), 43–49. https://doi.org/10.17509/ijdb.v1i1.34356
Sadia, A., Mohd Salleh, B., Abdul Kadir, Z., & Sanif, S. (2016). The Relationship between Organizational Communication and Employees Productivity with New Dimensions of Effective Communication Flow. Journal of Business and Social Review in Emerging Economies, 2(2), 93–100. https://doi.org/10.26710/jbsee.v2i2.35
Swandana, H., & Ardiana, D. K. R. (2025). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 9(1), 1914.
Syam, R., Saleh, A., Purwita, I., Mawandani, N. W., Mayangsari, P., & Maharani, S. (2021). Program Kesehatan Mental “Taking Care of Your Mental Health and Those Around You” Berbasis Online sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Kesehatan Mental Masyarakat. Pengabdi, 2(2), 160–167. https://doi.org/10.26858/pengabdi.v2i2.24971